Ceroboh Saat Melintas, Mobil di Jombang Terserempet Kereta Api

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 12 Jun 2020 16:34 WIB

Ceroboh Saat Melintas, Mobil di Jombang Terserempet Kereta Api

i

Kondisi mobil Honda Mobilio usai terserempet kereta api di Jogoroto, Jombang. (SP/Istimewa)

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, Jawa Timur sekitar pukul 10.25 WIB, Jumat (12/6/2020).

Baca Juga: Tanggapan Pj Bupati Jombang Usai Namanya Dikaitkan Masuk Bursa Pilbup 2024

Mobil Honda Mobilio Nopol L 1605 MN yang dikemudikan oleh Ali Maksum (46), warga Kabupaten Bojonegoro, terserempet Kereta Api Ranggajati 119, jurusan Surabaya - Jombang yang sedang melintas.

Menurut warga sekitar, Supriyono (37), mengatakan, kejadian berawal saat mobil berwarna putih datang dari arah Mojokerto atau dari arah timur tiba di lokasi langsung belok ke kiri menyeberang rel kereta api.

"Dalam waktu bersamaan, kereta api melintas dari arah dari Mojokerto menuju Jombang. Warga yang tahu meneriaki pengemudi agar berhenti. Namun mobil tetap nyelonong," katanya, dilokasi kejadian.

Sementara, pengemudi mobil, Ali Maksum menjelaskan, saat belok menyeberangi rel kereta, dirinya tidak mengetahui kalau ada kereta api yang melintas.

"Saya kira sama orang yang jaga itu disuruh masuk, gak tahunya ada kereta. Setibanya di tengah rel tiba-tiba mesin mobil mati," jelasnya.

Beruntung, sebelum mobil terserempet kereta, Ali berhasil keluar dari mobil menyelamatkan diri. Di dalam mobil tidak ada penumpang lainnya.

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

"Saat itu saya berusaha untuk memundurkan mobil, tapi tidak bisa. Langsung saja saya loncat keluar mobil," ujarnya.

Terpisah, Kanit Laka Lantas Polres Jombang, Iptu Sulaiman membenarkan, bahwa berawal mobil Honda Mobilio Nopol L 1605 MN berjalan dari arah timur menuju ke barat.

"Kemudian belok kiri ke arah selatan berusaha melintasi jalan rel kereta api tanpa palang pintu. Karena tidak memperhatikan arus lalulintas dari arah timur, sehingga terserempet kereta api yang berjalan ke barat," terangnya.

Akibatnya, mobil itu terlempar di sisi utara rel kereta. Mobil mengalami ringsek di bagian depan pada sisi lampu kiri dan kanan. Bodi mobil sebelah kiri juga ringsek, kaca mobil belakang pecah.

Baca Juga: Pecah Ban, Bus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan tersebut, menurut penjelasan Sulaiman, bahwa pengemudi mobil ceroboh saat hendak melintasi rel kereta tanpa palang pintu.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Kerugian materiil diperkirakan sebesar Rp 5 juta. Selanjutnya, petugas dari kepolisian melakukan olah TKP.

"Untuk mobil tersebut sudah dievakuasi, dan kami amankan ke Satlantas Polres Jombang guna kepentingan pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya.(suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU