Cegah Penyebaran COVID-19, DPC PDIP Bojonegoro Bagikan Alat Cuci Tangan dan


SURABAYAPAGI.COM, Tuban- Sebagai gerakan melawan penyebaran virus Corona (Covid-19), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Bojonegoro memberikan alat kesehatan gratis kepada masyarakat. Rabu, (8/04/2020).

Gerakan sosial berupa pemberian 10 buah Tong air untuk cuci tangan dan pembagian 1500 masker tersebut di ikuti oleh Pengurus DPC PDIP Bojonegoro, Fraksi PDIP DPRD Bojonegoro dan anggota partai.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Bojonegoro Bambang Sutriyono mengatakan, PDIP konsen dalam pencegahan virus covid-19 yang mewabah saat ini.

Termasuk dengan upaya mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Yang salah satu wujudnya berupa rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah beraktifitas.

“Sesuai rekomendasi WHO dan aturan pemerintah, semua harus menggunakan masker. Penggunaan masker dapat melindungi diri dan orang lain dari tertular atau menularkan Covid-19," ujarnya.

Kabupaten Bojonegoro sendiri, dari peta sebaran yang dipublish pemerintah belum ada kasus Positif Covid-19. Meskipun belum ada kasus akan tetapi sebanyak 52 orang masuk sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 1 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasn (PDP).

Bambang menambahkan, gerakan antisipasi Covid-19 yang dilaksanakan DPC PDIP Bojonegoro itu baru awal. Sebab masih akan ada kegiatan sama yang selanjutnya dilakukan secara berkala.

Lebih lanjut, Bambang juga menekankan bahwa masker bedah dan masker N95 hanya untuk digunakan oleh petugas kesehatan. Masyarakat diminta menggunakan masker kain saat beraktivitas di luar rumah.

"Dalam kondisi sekarang ini, mencari masker saat ini sudah seperti berburu harta karun. Kalau pun ada dijual dipasaran, harganya tentu mahal sekali. Alasan itu yang membuat kami melakukan pembagian masker, agar masyarakat aman" tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Maritim DPC PDIP Bojonegoro, Malikin, jika tujuan dari kegiatan bagi-bagi masker terdebut untuk melindungi warga Bojonegoro yang sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

Menurut Malikin, karena belum diketahui kapan pandemi Covid-19 ini berakhir, maka kewaspadaan dan pola hidup sehat menjadi lebih utama dalam mengatasi wabah yang saat ini sedang mewabah saat ini.

"kejadaian saat ini baru terjadi di Indonesia meskipun dulu sudah ada SARS dan Mers tetapi penyebaranya tidak secepat Covid-19," tuturnya saat bagi-bagi masker ditengah masyarakat.

DPC PDIP Bojonegoro sementara telah menyiapkan 3000 masker yg akan dibagikan gratis ke masyarakat secara berkala. Sekaligus telah membuka Posko Gotong Royong melawan Covid-19 yang sementara ditempatkan dirumah pribadi anggota Fraksi PDIP DPRD Bojonegoro. Wid