Cegah Covid-19, Petugas Gabungan Gelar Pemeriksaan Kendaraan di Perbatasan

SURABAYAPAGI.COM. Tuban- Antisipasi kedatangan pemudik dari arah provinsi Jawa Tengah, puluhan petugas gabungan yang terdiri dari Polres Tuban, Kodim 0811, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Kesbangpol Kabupaten Tuban menjalankan pemeriksaan ke sejumlah penumpang berikut kendaraan di wilayah perbatasan.

Titik kegiatan, dilaksanakan di kecamatan Bancar yang merupakan perbatasan antara dua provinsi yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Ada puluhan personil yang diterjunkan dalam usaha memutus mata rantai persebaran Covid-19 masuk ke Bumi wali tersebut.

"Kegiatan di perbatasan bersama petugas gabungan ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19," terang Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, Rabu (01/04/2020).

Kapolres menerangkan, semua penumpang sekaligus pengemudi kendaraan, baik itu pribadi mapun angkutan umum, dicek satu persatu kondisinya, termasuk tindakan pengukuran suhu tubuh menggunakan Thermal Gun oleh petugas medis yang terlebih dahulu melindungi dirinya menggunakan APD.

Pengecekan tersebut, terang Ruruh guna mengetahui apakah ada penumpang yang suhu tubuhnya tidak wajar atau dalam kondisi yang tidak sehat.

Setelah memastikan semua penumpang dalam kondisi sehat. Petugas kemudian melakukan penyemprotan disinfektan ke bagian luar sejumlah kendaraan tersebut.

"Hasil sementara masih nihil, jadi pada kegiatan ini selain memeriksa penumpang dan pengemudi kita juga melakukan penyemprotan disinfektan kendaraan," imbuh Kapolres.

Sempat ada salah satu penumpang yang menunjukan gelagat sedang tidak sehat dan lemas. Tapi setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tenaga medis. Ternyata perempuan warga Tuban yang mudik dari Bandung tersebut sedang hamil dan kecapekan.

Sementara itu, salah satu sopir Bus Junanto mengaku khawatir dengan penyebaran Covid-19 ini. Bahkan, dampak dari Covid-19 ini penumpang menurun hingga 80 persen.

"Dampak virus corona penumpang menurun sampai 80 persen. Saya harap virus corona ini segera berlalu," pungkas Junanto.

Pantauan Surabayapagi.com dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19. Petugas juga telah mendirikan Pos Terpadu di perbatasan Jatim-Jateng yang dijaga oleh petugas dari TNI-Polri bersama tim medis.(Wid/dsy)