Catat! Jokowi Janjikan Harga Gula dan Bawang Turun Minggu Depan

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menjanjikan harga bahan pokok akan kembali stabil menjelang Ramadan, bulan ini. Jokowi menyebut, harga gula dan bawang putih yang dalam sebulan belakangan ini cukup melejit akan segera turun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini harga sembako atau komoditas pokok seperti gula pasir hingga bawang putih akan turun dalam beberapa pekan ke depan.

Hal itu disampaikannya saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai persiapan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H/2020 secara virtual, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Jokowi mengaku sudah mengecek pasokan yang dimiliki Perum Bulog hingga panen raya di beberapa wilayah mengenai beras, daging, telur ayam, gula pasir, terigu dan kebutuhan pokok lainnya.
"Masih berada dalam kondisi baik, sehingga mungkin gula, tadi Menteri Pertanian sudah menyampaikan bahwa minggu-minggu depan harga akan turun pada kondisi normal lagi Rp 12.500, Menteri Perdagangan juga menyampaikan kepada saya bahwa bawang juga sudah beberapa sudah masuk, dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini kembali ke harga normal Rp 20-Rp 30 ribu," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini menjadi prioritas seluruh pejabat negara. Pasalnya, musim Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena virus corona (COVID-19).

"Hal yang perlu dapat perhatian kita bersama, yang pertama ini betul-betul dicek di lapangan ketersediaan bahan-bahan pokok," jelasnya.

Jokowi berharap Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dapat memberikan sanksi kepada kepala daerah yang terbukti mengganggu arus distribusi sembako karena jalan-jalan di wilayahnya ditutup.

"Karena saya kemarin dapat laporan dari dua daerah urusan beras agak terganggu karena jalan yang tertutup. Tolong Pemda diberitahu mengenai hal ini," ungkapnya.

Mengacu pada data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, sejumlah bahan makanan pokok naik selama bulan ini. Rata-rata harga cabai rawit merah di pasar tradisional seluruh provinsi per kilonya mencapai Rp 50.850 atau naik 27 persen dibanding harga pada 3 Maret 2020.



Kenaikan harga bahan pokok yang fantastis juga dialami gula pasir. Rata-rata harga gula pasir lokal di seluruh pasar tradisional di tanah air kini mencapai Rp 18.450. Harga gula pasir ini naik 23,4 persen dibanding harga 3 Maret lalu. Adapun harga bawang merah juga naik per kilonya menjadi Rp 40.700/Kg. Harga bawang putih di dalam negeri masih berada di kisaran Rp.45.000/kg.





"Kita harapkan Minggu depan semua sudah normal dan kita harus memastikan distribusi logistik ini lancar sehingga bahan pokok tersedia di pasar-pasar," ujar Jokowi.




Menurut Jokowi, selama ini terjadi gangguan distribusi karena ada beberapa daerah yang memblokir jalan akibat wabah Corona atau Covid-19. "Saya harapkan Mendagri tegur daerah yang memblokir jalannya di daerah agar urusan distribusi logistik tidak terganggu. Saya dapat laporan dari 3 daerah, beras terganggu karena jalan ditutup. Tolong kepala daerah diberitahu ini," ujar Jokowi.(dc/tm/cr-02/dsy)