Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka di Wajah!

SURABAYAPAGI.com, Setiap orang, baik pria maupun wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang mulus tanpa ada luka sedikitpun. Sayangnya, luka goresan kerap tak dapat dihindari dan meninggalkan bekas luka.

Memang tidak menyenangkan memiliki bekas luka, apalagi jika terdapat di wajah. Padahal wajah adalah salah satu bagian dalam tubuh yang selalu dilihat pertama kali saat bertemu dengan orang lain. Maka tak heran jika terdapat sebuah bekas luka di wajah yang susah hilang adalah hal yang paling menjengkelkan.

Bekas luka di wajah bisa diakibatkan oleh jerawat, infeksi, peradangan, terbakar, kecelakaan, ataupun efek pascaoperasi. Meski biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya dari waktu ke waktu, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak heran sebagian orang menjalani prosedur medis demi bisa menghilangkan atau menyamarkan hal tersebut.

Sebenarnya sudah banyak obat yang dijual sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah, namun tak semuanya aman. Selain itu sering melakukan perawatan wajah menggunakan berbagai produk berbahan kimia justru dapat merusak kulit. Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah perawatan yang alami guna mendapatkan kulit cerah dan mulus.

Perawatan alami tersebut bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Nah, berikut cara menghilangkan bekas luka di wajah yang aman.

1. Lidah Buaya
**foto**
Lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti ligmin dan asam amino sehingga mampu menumbuhkan kulit baru di bagian wajah. Berkat kandungan tersebut lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan alami cara menghilangkan bekas luka di wajah.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan lidah buaya adalah, oleskan lendir atau gel lidah buaya pada bekas luka. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Minyak Zaitun dan Madu
**foto**

Minyak zaitun dan madu juga sering sekali digunakan untuk mengobati bekas luka apalagi bekas luka bakar. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan minyak zaitun dan madu yaitu:
- Oleskan madu atau minyak zaitun pada area luka, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit.
- Cara ini bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari.
- Untuk hasil yang maksimal kamu bisa melakukannya sambil melakukan pemijatan agar minyak zaitun dan madu bisa meresap ke dalam kulit.

3. Mengkudu dan Timun

Baik mengkudu maupun mentimun juga sering digunakan untuk cara mengobati bekas luka di wajah atau yang lainnya. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan mengkudu dan timun adalah:
- Ambil buah timun atau mengkudu, lalu dihaluskan dan balutkan pada bekas luka. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit dan kemudian dibersihkan dengan air.
- Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini bisa kamu lakukan saat malam hari dan dibiarkan hingga fajar tiba atau bangun tidur. Agar tidak berceceran, kamu bisa membalutnya menggunakan kain bersih atau perban. Lakukanlah secara rutin agar bekas luka segera tersamarkan.

4. Ekstrak Biji Anggur, Biji Rami, dan Minyak Lavender

Ketiga bahan ini sering sekali digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Kamu juga bisa mengobati bekas luka yang sudah sangat lama dengan bahan ini. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan ketiga bahan tersebut yaitu tumbuk biji anggur lalu oleskan pada pada bagian kulit yang terkena luka. Sedangkan untuk minyak lavender dan minyak biji rami, kamu dapat mengoleskannya secara langsung.

5. Jeruk Nipis
**foto**

Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya adalah dengan jeruk nipis. Cara menggunakannya, belah jeruk menjadi 2 bagian, kemudian digosokkan pada bekas luka. Tunggu beberapa saat setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini memang sedikit lebih perih ketimbang dengan cara yang lainnya sehingga kamu harus sedikit menahan rasa pedihnya.

6. Cuka Apel
**foto**

Belakangan ini perawatan menggunakan cuka apel sedang populer. Cuka apel juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang aman lho. Untuk menggunakan cuka apel sebagau cara menghilangkan bekas luka di wajah adalah:
- Buat campuran antara air dan cuka apel dengan perbandingan 1 : 1
- Cuci wajah dengan menggunakan campuran tersebut. Pastikan campuran tersebut tidak masuk ke bagian-bagian sensitif pada tubuh seperti mulut dan juga mata.
- Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
- Langkah kedua penggunaan dari cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan membasahi kapas dengan menggunakan cuka apel. Kapas yang sudah dibasahi tersebut kemudian d totolkan pada kulit yang bermasalah.
- Diamkan sampai 10 menit hingga kering
- Cuci dengan menggunakan air dan keringkan dengan menggunakan handuk kering.
- Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa menggunakannya setiap 1 hari sekali.

7. Minyak Kelapa
**foto**

Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Hal ini disebabkan karena kandungan analgesik dan juga anti peradangan yang sangat kuat yang ada di dalam minyak tersebut. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan minyak kelapa adalah:
- Untuk menggunakannya, hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu. Ketika minyak sudah mulai hangat balurkan minyak ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
- Pijat lembut wajah anda setelah menggunakan minyak kelapa ini lalu diamkan.
- Pastikan setelah menggunakan minyak anda tidak membasuhnya.
- Sebaiknya lakukan perawatan ini sebelum tidur hingga keesokan paginya untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Masker Oatmeal
**foto**

Selain enak dikonsumsi oatmeal ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu mempercantik kulit wajah, termasuk memudarkan bekas jerawat dan bekas luka lainnya yang bertengger di wajah. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan oatmeal adalah buatlah masker dari campuran oatmeal dan beberapa bahan berikut ini sebagai cara menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat di wajah.
Campurkan bahan:
- 1 gelas air
- Setengah gelas oatmeal
- 2 tetes perasan lemon1 sendok makan bubuk kayu manis
Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan oatmeal:
Campurkan seluruh bahan pada satu wadah, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilaslah dengan air hangat dan aplikasikan pelembab setelahnya agar kulit tidak kering. Lakukan cara ini secara rutin, agar seluruh bekas luka di wajah hilang dan memudar.

9. Putih Telur
**foto**

Putih telur sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Putih telur yang berasal dari telur ayam kampung dianggap lebih ampuh dalam menghilangkan bekas luka, tapi jika kamu kesulitan menemukan telur ayam kampung, tak masalah menggunakan telur ayam biasa.
Cara menghilangkan bekas luka di wajah:
- Campurkan sedikit perasan jeruk lemon dengan 1 sendok makan madu dan 1 putih telur.
- Campur dalam mangkok kecil dengan ukuran yang sama, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada wajah, tunggu hingga benar-benar kering. Kelupas masker dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.