Cara Alami Sembuhkan Angin Duduk

SURABAYAPAGI.com - Angin duduk atau disebut dengan angina merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan nyeri pada dada, akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Di mana, terganggunya pasokan darah ini akibat adanya penyempitan pada pembuluh darah.

Sehingga, serangan angin duduk bisa terjadi secara tiba-tiba. Adapun nyeri dada yang dialami oleh penderita angin duduk kemungkinan dapat menjalar hingga ke lengan kiri, leher, rahang, dan juga bagian punggung. Yang mana, nyeri dada disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung atau dikenal sebagai angina pektoris maupun angina.

Untuk mengatasi angin duduk, mungkin Anda bisa menggunakan obat medis. Namun, ternyata bahan alami berikut ini jauh lebih aman untuk mengurangi penyumbatan di arteri dan menghilangkan nyeri dada.

Berikut tanaman herbal obat untuk penyakit angin duduk, antara lain:

1. Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu pengobatan rumah paling efektif untuk sakit dada. Selain itu, bawang putih juga bisa menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah penumpukan plak di dinding arteri, yang berfungsi meningkatkan aliran darah yang kaya akan oksigen ke jantung anda.

Caranya: Tambahkan setengah sendok teh jus bawang putih untuk secangkir air panas dan minum. Kemudian sebagai pencegahan, anda cukup makan 1-2 siung bawang putih mentah dengan air setiap pagi dengan perut kosong.

2. Jahe
Selain bawang putih, jahe juga menjadi obat rumah alami yang terbukti untuk sakit dada. Kandungan senyawa kimia gingerol dalam jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Bagi anda yang menderita sakit dada, cukup minum secangkir teh jahe. Caranya mudah, tambahkan 1 sendok makan jahe parut untuk satu cangkir air panas. Lalu tutup dan curam selama 5 menit kemudian saring. Konsumsi teh jahe secara rutin 3 kali sehari.

3. Kunyit
Tanaman herbal yang sering disebut curcumin ini ternyata dapat membantu mengobati nyeri dada. Kunyit juga mempunyai senyawa aktif bernama anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit di dada.

Caranya: Tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu serta didihkan. Lalu tambahkan madu dan minum selagi hangat.

4. Kemangi
Tahukah anda kemangi atau basil ini memiliki magnesium yang berperan membantu jantung dan pembuluh darah untuk rileks.

Antioksidan vitamin A dalam kemangi juga dapat mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Untuk itu, selama nyeri dada anda dapat mengunyah 8-10 daun kemangi segar atau minum secangkir teh kemangi untuk mencegah nyeri dada dan memperbaiki kondisi jantung anda.