Calon Penumpang Kapal Tujuan Kepulauan Jalani Rapid Test

Calon penumpang kapal tujuan kepulauan mengikuti rapid test gratis di Pelabuhan Kalianget. SP/ SP

SURABAYAPAGI.com, Sumenep - Ratusan calon penumpang kapal tujuan Pulau Raas dan Sapudi, serta Situbondo menjalani rapid test atau tes cepat di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (3/6/2020). Tes itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

General Manager Pelindo III Kalianget, Retno Pujianto mengatakan, pelaksanaan tes massal itu tidak dipungut biaya atau gratis. Itu sebagai bentuk kepedulian Pelindo III dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kami menggelar tes cepat gratis, dan hari ini di Pelabuhan Kalianget kami siapkan 3.500 rapid test, dan total seluruhnya kami siapkan 50 ribu test untuk wilayah Jawa Timur,” katanya.

Menurut Retno, sasaran utama pelaksanaan rapid test ialah calon penumpang kapal tujuan kepulauan dan Situbondo. “Targetnya 3.500, itu kalau habis dalam tiga hari kita stop. Kalau belum habis nanti kita sasar warga di sekitar Pelabuhan Kalianget, intinya tes ini dilanjut sampai mencapai target,” jelasnya.

Kata Retno, jika ada dari penumpang yang reaktif Covid-19, maka akan diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep atau Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk dilakukan tindakan dan pengawasan.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Kusmawati mengatakan, jika dari hasil rapid test ada yang reaktif, maka akan dilakukan tindakan berupa isolasi diri.

"Kalau ada warga yang hasil tesnya reaktif dimohon kesadarannya untuk melakukan isolasi diri agar tidak terjadi penularan," katanya.

Kusmawati juga mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan, karena potensi penularan Covid-19 masih tinggi. Masyarakat diminta menjalankan anjuran pemerintah dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (haz)