Butuh Millenial Bertalenta, Tiga Raksasa Teknologi Terjun ke Kampus

SURABAYAPAGI.com - Talenta muda sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan, berbagai posisi pekerjaan telah ditawarkan serta besaran gaji yang menggugah mata dan menambah gairah bekerja. Maka dari itu beberapa perusahaan teknologi raksasa dengan sergap terjun langsung untuk merekrut muda-mudi berbakat dari kampus ke kampus.

Perusahaan teknologi seperti Huawei, Alibaba dan Tencent merilis rencana rekrutmen kampus mereka untuk lulusan baru 2020, menurut laporan oleh 21st Century Business Herald.

Tencent yang bermarkas di Shenzhen, telah merekrut 3.100 lulusan baru di tahun lalu, dan kini berencana untuk merekrut 3.000 hingga 3.500 lulusan baru di tahun ini dan mengalokasikannya ke dalam lima kategori jabatan, termasuk teknis, produk, desain, pasar, dan fungsional.

Akun pos teknis untuk 65 persen dari semua penawaran, tertinggi di antara semua kategori.

Pekerjaan-pekerjaan ini berbasis di kota-kota, termasuk Shenzhen, Beijing, Shanghai, Guangzhou, Wuhan dan Chengdu.

Tak kalah dari tacent, Huawei menawarkan 87 posisi pekerjaan di kota-kota domestik dan asing, seperti Shenzhen, Dongguan, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Paris dan Moskow, untuk lulusan baru pada tahun 2020, dan 53 di antaranya berbasis di kota Shenzhen di mana perusahaan tersebut bermarkas.

Selain itu, Perusahaan tersebut baru-baru ini mengumumkan akan menawarkan gaji tahunan maksimum 2 juta yuan untuk beberapa lulusan terbaik tahun 2019. Sebuah email dari kantor eksekutif Huawei menunjukkan perusahaan berkomitmen untuk menggunakan tantangan dan gaji teratas untuk menarik bakat-bakat top, menurut laporan itu.

Menurut statistik yang tidak lengkap, Huawei merekrut lebih dari 4.600 mahasiswa baru tahun lalu dari 23 universitas top, termasuk Universitas Tsinghua, Universitas Peking, Universitas Zhejiang, Universitas Xi’an Jiaotong, Universitas Xidian dan Universitas Tenggara, kata laporan itu.

Kantor pusat Hangzhou, Alibaba, juga merilis 52 posisi pekerjaan dalam enam kategori, termasuk teknis, desain, produk, operasi, permainan, dan lainnya, untuk perekrutan kampusnya.

Selain Beijing, Shanghai, Shenzhen, Guangzhou dan Hangzhou, beberapa pekerjaan ini juga berbasis di Chengdu, Nanjing, Wuxi, dan Sunnyvale di California, sesuai dengan rencana perekrutan kampus perusahaan.

Perusahaan besar biasanya memiliki tata letak bisnis di seluruh negeri dan bahkan di seluruh dunia, tetapi sebagian besar posisi berada di kantor pusat mereka. Dalam perebutan bakat di antara kota-kota, mereka telah membuat kontribusi besar, kata laporan itu.

Selain itu, meningkatnya permintaan dan preferensi untuk bakat dalam teknologi mutakhir dan bidang penelitian dasar juga mencerminkan transformasi dan peningkatan kota, tambah laporan itu.