Buah Anggur untuk Kesehatan Bumil dan Janin

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 03 Des 2020 08:44 WIB

Buah Anggur untuk Kesehatan Bumil dan Janin

i

Buah Anggur. SP/ Desy

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Manfaat buah anggur untuk ibu hamil ada karena buah ini mengandung beragam nutrisi penting. Nutrisi tersebut di antaranya adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, mangan, fosfor, riboflavin, dan serat.

Menurut dr. Arina, anggur termasuk buah yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka, ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir terhadap mitos tersebut.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

“Anggur justru menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Pasalnya, buah ini tinggi zat antioksidan, asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin K, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bumil. Jadi, manfaat mengonsumsi buah anggur saat hamil memang tidak main-main,” jelas dr. Arina.

Namun, dr. Arina juga mengingatkan ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi buah anggur secara berlebihan. Terlebih lagi, jika Anda adalah ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes atau terkena diabetes gestasional.

Saat hamil, sistem imun tubuh jadi tak menentu. Alhasil banyak infeksi yang dapat menyerang tubuh. Untungnya, anggur mengandung berbagai macam antioksidan seperti flavonol, antosianin, linalool, geraniol dan tanin, yang bisa menjaga sistem imun tubuh Anda.Semua antioksidan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mencegah datangnya infeksi di masa kehamilan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Sembelit saat kehamilan dapat terjadi akibat beberapa hal, termasuk perubahan hormon yang tak menentu hingga adanya tekanan dari rahim ke usus akibat pembesaran rahin saat hamil.Manfaat anggur untuk ibu hamil selanjutnya ialah mengatasi sembelit, karena buah ini mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Ditambah lagi, serat pada anggur dapat bertindak sebagai pencahar, untuk meredakan konstipasi.

Selama hamil, akan ada perubahan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat jantung bekerja ekstra keras. Hal ini terjadi agar tubuh bumil dapat menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup ke janin.Manfaat anggur untuk ibu hamil selanjutnya datang dari kandungan polifenol. Senyawa ini dipercaya dapat mendukung sistem jantung selama kehamilan.

Saat janin berada di dalam rahim, perkembangan organ tubuhnya akan dibantu oleh nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sang ibu.Anggur mengandung flavanol dan vitamin A, yang dapat membantu perkembangan indra penglihatan bayi semakin sempurna.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Vitamin B dalam anggur dapat membantu proses penyerapan nutrisi janin. Sebab, vitamin B yang dikandung anggur dianggap bisa mendukung metabolisme ibu dalam menyuplai nutrisi bagi bayi.

Manfaat anggur untuk ibu hamil yang satu ini datang dari kandungan resveratrol. Senyawa ini dapat menjaga kestabilan kadar kolesterol di dalam tubuh ibu, sehingga kesehatan jantung janin pun akan terjaga. Dsy4

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU