BKKBN Gandeng Gerakan Pramuka Jatim, Bentuk Agen KB di Kalangan Pemuda

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 17 Jan 2021 19:54 WIB

BKKBN Gandeng Gerakan Pramuka Jatim, Bentuk Agen KB di Kalangan Pemuda

i

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur bersama jajarannya melakukan kunjungan ke Kantor Kwarda Jatim. Minggu (17/1).SP/PATRIK CAHYO 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Seiring dengan terpilihnya HM Arum Sabil sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur masa bakti 2020-2025, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur bersama jajarannya melakukan kunjungan ke Kantor Kwarda Jatim.

Dalam Kunjungan tersebut Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., Kepala Perwakilan BKKBN Jatim sekaligus Majelis Pembimbing Saka Kencana BKKBN Jawa Timur didampingi oleh Sekretaris Badan BKKBN Jatim, Shodiqin, S.H., M.M., Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Madya koordinator Bidang Dalduk BKKBN Jatim, Uni Hidayati, S.T., M.M., dan Analis Kebijakan Ahli Madya BKB, Anak & Ketahanan Kel. Lansia, Taufik Daryanto, S.Psi., M. Sc.

Baca Juga: Gelar Evaluasi dan Pembinaan Kader BKR, Bupati Mojokerto Minta Orang Tua Dapat Dampingi Remaja Sesuai Zaman

Selain sebagai ajang Silaturahmi dalam kunjungan tersebut juga merupakan langkah awal sinergitas dalam peningkatan eksistensi Peran Saka Kencana

“Dalam kesempatan ini kami bersama jajaran saya, selain  ingin melakukan silaturahmi sekaligus ingin melanjutkan kerjasama yang telah terjalin dengan bagus selama ini. Di awal tahun ini kami akan membentuk kepengurusan saka kencana tingkat Provinsi yang Baru, kami berharap dukungan dan kerjasama dari Kwarda Jatim  untuk terus meningkatkan eksistensi saka kencana,” ungkap Teguh sapaan akrab Kepala Perwakilan BKKBN Jatim sebagai Majelis Pembimbing Saka Kencana BKKBN Jawa Timur. Minggu (17/1)

“BKKBN akan selalu mendukung program-program Kwarda Jatim melalui saka kencana, di tengah  banyaknya penduduk jawa timur, saat ini sekitar 9 juta remaja dengan kegiatan Pramuka melalui edukasi yang memiliki ciri khas tersendiri kami berharap mampu menanamkan pendidikan persiapan kehidupan keluarga kepada para remaja sejak dini,”ucapnya.

“Di Tahun 2020 Selama masa Pandemi, di bawah pengawasan Kwarda Jatim , Saka Kencana Jawa Timur terus melakukan kegiatan. Diantaranya adalah dengan melakukan Bakti Saka Kencana di 8 (delapan) Kabupaten/Kota di Jawa Timur, selain melakukan edukasi kepada remaja kami juga melakukan pembagian sembako kepada keluarga pra sejahtera terdampak Covi-19, saya berharap inovasi-inovasi seperti ini akan terus ada di Tahun 2021 ini,”imbuhnya

BKKBN_Gandeng_Gerakan_Pramuka_-_Patrik_(1)BKKBN_Gandeng_Gerakan_Pramuka_-_Patrik_(1)

Baca Juga: Angka Stunting di Jawa Timur Turun Jadi 19,2 Persen

Sementara itu HM Arum Sabil, Ketua Kwarda Jawa Timur Menyambut Baik gagasan tersebut dan berharap Saka Kencana dapat terus berperan dalam Pembangunan Keluarga di Jawa Timur.

“Saya merasa tertantang ketika Ibu Gubernur memberikan tanggung jawab kepada saya yang berasal dari kalangan Petani ini untuk memajukan Gerakan Pramuka di Jawa Timur, untuk itu saya berharap dukungan dari berbagai pihak untuk bersama-sama melaksanakan tanggung jawab ini, termasuk dari Kak Teguh dan kawan kawan BKKBN ini,” ungkap Arum.

“Saka Kencana ini sangat penting, melalui ini kita mampu melakukan edukasi kepada para remaja untuk mengenal kehidupan berkeluarga sehingga mereka mampu mempersiapkan kehidupan keluarga dengan baik, bagaimana mempersiapkan kehidupan keluarga,  kapan harus menikah, kapan harus memiliki anak, berapa jumlah anak yang harus dimiliki, sehingga mereka mampu menciptakan keluarga yang sejahtera, dengan semakin banyaknya keluarga yang sejahtera kita bisa membantu mendukung program pemerintah jawa Timur, inilah yang menjadi tanggung jawab Kak teguh dan kawan-kawan di BKKBN, mari kita bersama-sama membantu program Ibu Gubernur,” lanjut Kak Arum.

Baca Juga: Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Jatim Gelar Pagelaran Wayang Kulit

Pada Tahun 2021 ini Kwarda Jatim akan mengadakan Perkemahan New Normal sebagai bentuk inovasi peningkatan eksistensi peran Gerakan Pramuka di tengah pandemi Covid-19. “ sebagai inovasi kami di Tahun 2021 ini kami ingin mengadakan Kemah New Normal  melalui kegiatan ini kami harap Gerakan Pramuka tetap menunjukkan eksistensinya dan berperan serta dalam penyelesaian masalah Pandemi Covid-19 ini, mari BKKBN dengan Saka Kencana nya ikut berpartisipasi pada kegiatan Perkemahan New Normal Nanti,” tutur Kak Arum.

Di akhir pertemuan Kak Arum menyambut baik kepengurusan Saka Kencana Tingkat Provinsi jawa Timur dan berharap akan terus meningkat eksistensinya.

“Saya bangga karena Saka Kencana masih aktif serta memiliki semangat untuk terus beraktivitas dan akan menerbitkannya SK penetapan kepengurusan yang baru. Hanya pramuka yang memberikan ruang mulai dari anak anak sampai dengan orang tua, saya harap Saka Kencana semakin berperan dan terus aktif berinovasi memajukan Gerakan Pramuka di Jawa Timur,” pungkasnya. Pat

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU