Besok Inovasi Klinik BUM Desa Akan Diuji

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Jul 2020 18:11 WIB

Besok Inovasi Klinik BUM Desa Akan Diuji

i

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, M. Hadi Wawan Guntoro. SP/jatim.prov.com

SURABAYA PAGI, Surabaya - Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) rutin diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).  Peserta KIPP berasal dari kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, Kota dan BUMN/BUMD se-Indonesia. Di tahun 2020 total peserta KIPP adalah 2.250 inovasi (Kelompok umum, replikasi dan khusus) . Provinsi Jawa Timur turut berpartisipasi dalam KIPP dan salah satu inovasi dari Bumi Majapahit ini berhasil masuk menjadi nominator Top 99. 

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, M. Hadi Wawan Guntoro mengatakan, untuk bisa masuk ke KIPP ini ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya inovasi yang memenuhi kriteria dalam KIPP setiap tahunnya mempunyai ketentuan bahwa inovasi tersebut telah diimplementasikan minimal 1 (satu) tahun terhitung dari pada saat pendaftaran dibuka yang dibuktikan dengan adanya pengesahan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.Pendaftaran setiap tahun dilaksanakan sekitar Bulan Maret-April dengan tema yang telah ditentukan.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Ajak Kembali Semangat Bekerja dan Maksimalkan Pelayanan untuk Masyarakat

IMG_3156_1IMG_3156_1

Selain itu lanjut Hadi, inovasi tersebut memenuhi kriteria, Belum pernah mengikuti atau belum pernah mendapat penghargaan pada KIPP periode sebelumhya ; kemudian belum pernah menerima penghargaan sebagai TOP 99 sebanyak 2 (dua) kali ; dan bukan merupakan TOP Terpuji.

Baca Juga: Pemprov Jatim Buka Rekrutmen CASN, 5.200 Formasi

"Nah dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB, Pemprov Jawa Timur men-submit 37 inovasi, yang lolos seleksi administrasi berjumlah 34 inovasi," ujarnya.

Masih kata Hadi, pada tahap Top 99, ada satu inovasi dari Pemprov Jatim masuk dalam Top 99 yaitu Klinik BUM Desa yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Baca Juga: Pastikan Pelayanan Berjalan Baik saat Libur Lebaran, Pj Wali Kota Mojokerto Sidak Puskesmas dan Rumah Sakit

Nah untuk sampai menang peserta akan memasuki tahap presentasi dan wawancara oleh Tim Panel Independen (TPI) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2020 secara daring, "Tahapan ini untuk menentukan Top 45," tandasnya. Arf

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU