•   Kamis, 23 Januari 2020
Surabaya

Beri Bos Mayapada Gelar Doktor Honoris Causa

( words)
Rektor Unair bersama Dato Sri Tahir (kanan). (SP/IBNU)


SURABAYA PAGI, Surabaya - Universitas Airlangga (Unair) kembali memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada tokoh nasional. Kali ini, Unair memberikan gelar tersebut kepada pendiri sekaligus Bos Mayapada Group, Dato Sri Tahir.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih pada konferensi pers di Kantor Rektorat, Rabu (7/3), mengatakan bahwa Dato Sri Tahir akan diberi gelar di bidang ekonomi pembangunan. Menurutnya, pemberian gelar ini bukan tanpa alasan. Rektor yang akrab disapa Prof Nasih itu mengatakan jika Tahir,sapaan akrab Dato Sri Tahir adalah orang asli Surabaya yang telah mengabdikan hidupnya untuk bangsa Indonesia.

"Pak Tahir ini sudah terbukti prestasinya baik secara nasional maupun internasional. Dan Beliau sudah mengabdikan dirinya bagi kepentingan bangsa," ujar Nasih.

"Bahkan, Dato Sri Tahir ini telah tiga kali mendapat gelar doktor honoris. Diantaranya Dr H.C dari Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya di tahun 2008, meraih gelar dari Universitas Gajah Mada di tahun 2016, dan di tahun 2017 kembali meraih gelar dari National Taiwan University Of Science and Technology," tambahnya.

Lebih lanjut, Prof Nasi juga menjamin bahwa proses penganugerahan gelar tersebut sudah memenuhi seluruh persyaratan sesuai peraturan yang berlaku. "Secara akademik sudah tidak ada yang patut dipertanyakan, karena sebelumnya beliau sudah profesor. Kemudian juga sudah mengikuti proses sejak dua tahun lalu, dan sudah mendapat restu dari kementerian," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dato Sti Tahir merasa tersanjung senang atas penghargaan yang Ia terima kali ini. "Saya orang Surabaya asli, mendapat apresiasi dari Unair salah satu universitas terbaik di Indonesia," ungkapnya.

"Ini bukanlah akhir dari proses yang saya lakukan. Tapi adalah awal dari proses lainnya untuk kehidupan saya sampai Gusti Allah meminta saya untuk berhenti. Di sisi lain, sebuah penghargaan dan kehormatan adalah tuntutan dari masyarakat kepada anda untuk mampu berbuat lebih demi mereka," tambah pria yang dikenal sebagai filantropi itu.

Sebagai informasi, pengukuhan gelar Doktor Honoris Causa kepada Dato Sri Tahir diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Gelar tersebut pun dianugerahkan atas bidang Ekonomi Pembangunan. Ayah empat orang anak tersebut mengambil judul disertasi "Menjadikan Ekononi Indonesia Berdaya Saing Global Dengan Mengelola Sumber Daya Secara Berkeadilan: Perspektif Resource-Based.ifw

Berita Populer