Berantas Covid-19, TNI AD Gunakan Helm Pendeteksi Suhu Tubuh

Salah seorang personel TNI AD menggunakan helmet thermal KC wearable. Helm tersebut dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang hingga jarak 10 meter.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Salah satu tanda seorang pasien covid-19 atau bukan adalah dengan memeriksa melalui suhu tubuhnya. Oleh karena itu, untuk mempermudah dalah menemukan seorang terindikasi covid-19 atau bukan, TNI Angkatan Darat akan menggunakan helm teknologi baru yang dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang dari jarak jauh.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Kolonel Inf Nefra Firdaus mengatakan, thermal KC wearable helmet yang akan digunakan oleh personel TNI AD dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang dalam jarak 10 meter.

Ia pun mengklaim, teknologi yang digunakan dapat mendeteksi lebih cepat dan efektif dibandingkan thermo gun.

"Tentunya juga dapat mereduksi resiko petugas pemeriksa akibat kontak dekat jika menggunakan thermo gun," kata Nefra dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/5/2020).

Saat ini, ia menambahkan, sosialisasi dan pelatihan personel terus dilakukan di lingkungan TNI AD.

"Selain untuk mendeteksi dan menyeleksi orang yang masuk ke fasilitas TNI AD, termasuk rumah sakit, ini juga menegaskan komitmen TNI AD dalam memutus dan mencegah penyebaran pandemi Covid-19," ucap dia.