•   Kamis, 2 April 2020
Kesehatan

Berakibat Fatal, Kenali 5 Bahaya Penyakit Asam Lambung

( words)
Ilustrasi penderita asam lambung


SURABAYAPAGI.com - Penyakit asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit dengan tanda rasa nyeri yang menyegat di bagian ulu hati hingga dada terasa terbakar. Yang disebabkan oleh terjadinya kenaikan zat asam menuju esofagus. Esofagus sendiri ialah bagian dari kerongkongan yang merupakan saluran pencernaan penghubung antara lambung dengan mulut. Umumnya disebabkan oleh pengonsumsian makanan ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit asam lambung pun banyak diderita sebagian besar kalangan baik tua maupun muda.
Apabila asam lambung ini kambuh, penderitanya akan banyak sekali merasakan gejala-gejala yang timbul akibat kekambuhan tersebut. Sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari penderita itu sendiri.
Namun perlu Anda ketahui pula, asam lambung yang dibiarkan tanpa ada penanganan dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh. Diantaranya seperti :
Merusak Gigi Saat terjadinya kenaikan asam lambung, secara tidak langsung asam lambung akan naik menuju esophagus atau mulut. Hingga akhirnya dapat mengikis lapisan bagian luar yang keras pada gigi Anda tersebut.
Akibatnya, gigi pun mengalami kerusakan dan karena tidak banyak yang menyadarinya. Gigi terus mengalami kerusakan hingga mencapai stadium lanjut.
Esophagus Barrett Bahaya yang satu ini merupakan yang unsur berbahaya karena menimbulkan komplikasi yang serius hingga terjadinya risiko kanker esophagus.
Esophpagus barrett sendiri merupakan suatu kondisi kesehatan dimana sel yang melapasi bagian kerongkongan mengalami kerusakan karena asam lambung perut.
Gangguan Pernapasan Selain menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan di dalam dada. Bahaya asam lambung juga dapat berisiko pada penyakit asam hingga menyebabkan kesulitan bernapas dan rasa sesak di dada.
Hal tersebut pun dapat terjadi apabila asam lambung tersedot tidak sengaja saat bernapas.
Risiko Radang Kerongkongan Saat asam lambung naik memasuki kerongkongan, dapat berisiko pada iritasi di lapisan esofagus. Hal ini pun dapat menyebabkan sakit saat menelan dan pembengkakan. Bahkan sampai menimbulkan luka ataupun penyempitan kerongkongan.
Kanker Kerongkongan Dan bahaya selanjutnya ialah berisiko munculnya kanker kerongkongan. Dan apabila keadaan yang satu ini sudah terlalu parah, maka akan sangat sulit untuk diobati.
Adapun beberapa gejala atau tanda yang bisa ditimbulkan dari kanker kerongkongan. Seperti mengalami penurunan berat badan, kesulitan untuk menela dan rasa nyeri pada dada.

Berita Populer