Belasan Klub Motor Surabaya Donor Darah Serentak

Kegiatan donor darah klub motor

SURABAYAPAGI.com, Surabaya- Kolaborasi belasan komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Surabaya serentak menggelar aksi sosial dengan melakukan donor darah pada Minggu (25/10).

Darah para biker Surabaya ini untuk memenuhi kebutuhan darah PMI yang minipis di kala pandemi Covid-19 ini. Koordinator Bold Riders Surabaya Ricard Arthur mengungkapkan donor darah ini sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020.

"Kami ingin tunjukkan bahwa anak-anak muda di komunitas Bold Riders Surabaya punya peran dalam kegiatan kemanusiaan di era COVID-19. Anak motor bukan soal touring saja, namun juga peduli dengan kegiatan-kegiatan sosial, bahkan itu sudah menjadi agenda rutin Bold Riders Surabaya,” ungkap Ricard, kemarin.

Kegiatan sosial yang menjadi agenda rutin setiap klub yang tergabung dalam Bold Riders Surabaya seperti memberikan edukasi safety riding kepada masyarakat, memberikan santunan setiap hari-hari keagamaan, serta menembus daerah bencana untuk memberikan bantuan. Dalam kegiatan donor darah kemarin total ada 13 komunitas motor yang terlibat.

Dari jumlah itu ada puluhan biker yang mendaftarkan diri menjadi pendonor. Komunitas motor yang terlibat dalam kegiatan ini adalah YVCI Surabaya, Kombis, CCI Surabaya, COC Surabaya, KCI Surabaya, PSP MAX Surabaya, Solidarity Vixion Surabaya, Vario Club Surabaya, YR15CI Surabaya, 815 Nusantara, AVNC Surabaya, IRC Surabaya, dan CB HOT Surabaya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Bold Riders Surabaya, PMI, dan pihak-pihak terkait. Semoga kegiatan ini bisa menambah cadangan darah saat pandemi ini,” katanya.

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu. sb-01