Bekasi Diguncang Gempa, Ini Kata Warga Setempat

SURABAYAPAGI.COM, - Sebagian warga yang berada di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi mengaku tak merasakan guncangan ketika gempa berkekuatan 3,2 M terjadi pada Selasa (10/12/2019) siang. "Enggak ini, enggak terasa, kita posisi di Cibarusah, kita memang masuk grup BMKG Jawa Barat sudah dapat infonya, tapi di sini tidak ada terasa gempa dari tadi saya di kantor," kata Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman kepada awak media, Selasa. Kepala Desa Ridogalih Kecamatan Cibarusah, Komarudin juga menyatakan hal senada. Ia tak merasakan ada getaran ketika gempa dilaporkan menggoyang kawasan Cibarusah. "Di Ridogalih tidak terasa ada gempa. Tadi BPBD nanya bagaimana dampak gempa, saya bilang enggak terasa gempa," kata dia.

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 3,2 terjadi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Getaran itu mengagetkan warga.

"Lumayan kenceng sih, lemari sampai gerak gitu tapi sebentar doang," ujar seorang warga Cikarang, Fitriani, kepada detikcom, Selasa (10/12/2019).
Dia mengatakan gempa terjadi hanya sekitar 5 detik. Ia sama sekali tidak mendengar suara gemuruh.

Petugas call centre Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Qori, mendapatkan laporan warga soal gempa magnitudo 3,2 itu. Warga merasakan tanah seperti hendak amblas.

"Memang ada laporan dari warga di Cibarusah Kota dan Sirnajati merasakan gerakan tanah mengarah seperti mau amblas," turur Qori.