Bawa 5 Ribu Suara, Kopyah Ireng Siap Menangkan Eri-Armuji

SurabayaPagi, Surabaya - Loyalis Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans berdklarasi untuk mendukung pasangan nomor urut satu di Pilwali Surabaya 2020, Eri Cahyadi-Armuji. 
 
Sebelumnya Gus Hans Fans Club (GHFC) dan Pagar Jati telah menyatakan dukungannya kepada pasangan Er-Ji, kini Kopyah Ireng yang turut serta bertekat mendukung Er-Ji pada Pilwali mendatang. Deklarasi dukungan Kopyah Ireng digelar di Rolag Cafe, Jalan Kayoon, Surabaya, Senin (30/11/2020) sore.
 
Ketua Kopyah Ireng, Tutut Purwanto mengungkapkan, sebenarnya para anggota masih berharap arahan Gus Hans. Namun hingga sembilan hari menuju coblosan, 9 Desember mendatang, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) itu belum juga bersikap.
 
Namun pihaknya menyadari kesibukan dan tugas yang diemban Gus Hans. Sehingga, ikatan jaringan Kopyah Ireng yang berstruktur presidium, memutuskan mengambil langkah memilih calon yang memiliki visi dan misi tidak jauh beda dengan Gus Hans. 
 
"Paling tidak calon tersebut 
adalah sosok yang 70-80 persen mendekati figur Gus Hans, yaitu Eri Cahyadi," jelas Tutut.
 
Kemiripan yang dimaksud, pertama, Eri masih muda, religius, nasionalis, progresif, dan nguwongke uwong (memanusiakan manusia). 
 
Kedua, 75 persen program dan visi-misi Eri-Armuji memiliki juga kesamaan dengan visi-misi Gus Hans. 
 
"Di antaranya health tourism, pemberdayaan pemuda, menyeimbangkan pembangunan fisik dengan pembangunan SDM masyarakat Surabaya," katanya.
 
Ketiga, kompetensi Eri-Armuji dalam memimpin sebagai eksekutif dan legislatif. Sehingga, upaya mewujudkan program kreatif dan inovatif untuk menjadikan Surabaya Go Internasional menjadi sangat nyata. 
 
Keempat, papar Tutut, kelompok di sekitar Eri-Armuji tidak diisi oleh kelompok yang arogan dan ingin menang sendiri, intoleran, serta menganggap uang adalah segalanya. 
 
"Kopyah Ireng melihat masyarakat Surabaya merupakan masyarakat yang cerdas, tidak dapat dibeli dengan sembako, selimut ataupun dengan cara lainnya yang tidak memberikan manfaat bagi kehidupan demokrasi yang sehat," tandasnya. 
 
Selain itu, silaturahim Eri ke kediaman Gus Hans juga menjadi dasar Kopyah Ireng memberikan dukungan ke Eri-Armuji.
 
"Memang Gus Hans tidak menyampaikan apa-apa kepada relawannya yang dulu sudah dibangun. Tapi kami menafsirkan Eri adalah sosok yang pas, karena beliau mau merangkul semuanya termasuk Gus Hans," kata Tutut. 
 
Berapa suara yang akan diberikan Koprah Ireng untuk Eri-Armuji? 
 
"Satu tahun yang lalu Kopyah Ireng sudah memiliki 5 ribu anggota relawan yang tersebar di 31 kecamatan di Kota Surabaya, dan saat ini siap menyumbangkan suara untuk Eri-Armuji," katanya.
 
Sebelumnya, elemen Kopyah Ireng juga memberikan dukungannya untuk Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018, serta Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.