Barkley disebut Sebagai Penerus Frank Lampard.

SURABAYAPAGI.com, Jakarta- Setelah gagal merapat ke Stamford Bridge per Agustus tahun lalu, kini Ross Barkley resmi melabuhkan kariernya di Chelsea pada bulan Januari. Gelandang yang dibeli dari Everton ini diboyong ‘hanya’ dengan banderol 15 juta paun dan kontrak jangka panjang hingga 5,5 tahun sampai Juni 2023.

Barkley juga resmi memakai nomor punggung 8, nomor yang diwarisi dari Oscar, juga nomor yang dipakai oleh legenda The Blues, Frank Lampard. Murahnya harga transfer Barkley juga didukung beberapa faktor, salah satunya tempat di tim utama Everton yang hilang karena kedatangan Gylfi Sigurdsson, serta faktor cedera lutut yang lama menderanya sejak musim panas lalu.

Kedatangan Barkley juga meramaikan persaingan lini tengah Chelsea yang kini mulai sesak setelah Danny Drinkwater pulih dan kembali ke kebugaran semula. Selain Drinkwater, Chelsea masih memiliki gelandang inti N’Golo Kante, Cesc Fabregas, dan Tiemoue Bakayoko.

Maka ketika Ross Barkley datang dan memakai nomor 8, para fan pasti punya ekspektasi tinggi. Sama-sama dari Inggris, sama-sama punya posisi sebagai gelandang, dan sama-sama punya tendangan mematikan, Barkley disebut sebagai penerus Frank Lampard.

Musim pertama di Chelsea, Barkley sukses mempersembahkan Liga Europa. Kemudian di musim 2019/2020, performanya belum memuaskan karena sering dibekap cedera dan Lampard pun masih mengotak-atik formasi.

Barkley kadang dimainkan di sayap, lalu di belakang striker, dan terkadang di tengah sebagai jangkar. Namun beberapa pertandingan terakhir, dia bermain tepat di belakang striker dan itu cukup memuaskan.

Ross Barkley sukses mencetak satu gol kala Chelsea menyingkirkan Liverpool di babak kelima Piala FA. Kemudian terbaru, dia menyumbang dua assist untuk kemenangan Chelsea atas Everton dalam lanjutan Liga Inggris.