Bantu Cegah Corona, Artha Graha Peduli Dirikan Rumah Sakit Lapangan

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, Artha Graha Peduli, Sabtu (28/3/2020) telah mendirikan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di Jalan Pasir Putih Ancol, Jakarta Utara. Pendirian Rumkitlap ini sebagai kepedulian dan solusi yang dilakukan Artha Graha karena keterbatasan sarana medis dalam menangani pasien Covid-19 di Indonesia.
Rumah sakit tersebut dapat melakukan pemeriksaan atau tes untuk deteksi dini Covid-19. Namun, mengingat keterbatasan alat yang ada, tak semua orang bisa melakukan tes tersebut.
**foto**
Dalam keterangan tertulis yang diterima Surabaya Pagi, Sabtu (28/3/2020), Christina Harapan, Wakil Direktur Utama Bank Artha Graha menjelaaskan ada beberapa kriteria sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan siapa yang tepat untuk diprioritaskan.
"Kriteria yang disarankan salah satunya orang yang menunjukkan gejala seperti demam, batuk, pilek, radang tenggorokan, dan sesak kurang lebih 14 hari terakhir," katanya, Sabtu (28/3/2020).
**foto**
Kriteria selanjutnya yaitu orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta, seperti diabetes, darah tinggi, asma, gagal ginjal, jantung, atau stroke.
Selanjutnya, yaitu orang yang mungkin secara fisik sehat, tetapi pernah kontak atau berada di dekat suspek atau pasien positif virus corona dalam 14 hari terakhir.
Dari catatan SurabayaPagi.com, hingga Sabtu (28/3/2020) siang ini, jumlah pasien positif corona di Indonesia sudah mencapai 1.155 orang yang tersebar di 28 provinsi. Dari jumlah ini, terdapat 102 kasus meninggal dan 59 pasien berhasil sembuh, sehingga sebanyak 994 orang berada dalam perawatan.
Berikut sebaran pasien corona yang sembuh dan meninggal di beberapa wilayah:
Sebaran wilayah pasien corona RI yang sembuh:
- Banten (1)
- DI Yogyakarta (1)
- DKI Jakarta (43)
- Jawa Barat (6)
- Jawa Timur (8)
Sebaran wilayah pasien corona RI yang meninggal:
- Bali (2)
- Banten (4)
- DI Yogyakarta (2)
- DKI Jakarta (62)
- Jawa Barat (17)
- Jawa Tengah (7)
- Kepulauan Riau (1)
- Jawa Timur (4)
- Sumatera Selatan (1)
- Sulawesi Selatan (1)
- Sumatera Utara (1)
(jk/rmc)