Bank OCBC NISP Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu, Tapi...

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Nasabah Bank OCBC NISP dapat melakukan tarik tunai di ATM tanpa kartu ATM dengan memanfaatkan teknologi kode QR (quick response). Namun, layanan itu baru dapat digunakan di Singapura.

Di Singapura, masih tercatat sekitar tiga juta penarikan uang tunai melalui ATM OCBC NISP tiap bulannya. Hal itu terjadi bersamaan dengan peningkatan 25 persen pelanggan digital OCBC NISP –setidaknya sekali dalam tiga bulan terakhir– sejak 2018.

"Kami menyadari ATM masih jadi titik penting dan sering digunakan oleh nasabah. Karena itu, kami ingin memberi mereka kemudahan, kecepatan, dan keamanan ketika menarik tunai di ATM," kata Kepala Bisnis Digital OCBC NISP untuk Singapura dan Malaysia, Aditya Gupta, (1/8).

Layanan tersebut tersedia di 655 ATM OCBC NISP di seluruh Singapura. OCBC NISP diklaim sebagai bank pertama yang menawarkan layanan tersebut. "(Langkah ini) membuat aktivitas perbankan menjadi sedikit lebih digital," tambah juru bicara Bank OCBC NISP.

Kode QR juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih kuat dari PIN, karena otentikasi biometrik dapat dipilih untuk menyetujui transaksi. Selain itu, kartu ATM dapat dengan mudah hilang tanpa disadari pengguna, dibandingkan dengan perangkat seluler.

Pihak OCBC NISP kembali menyampaikan, "Bahkan jika perangkat seluler pelanggan jatuh ke tangan yang salah, akses ke rekening banknya dapat dilarang karena dibutuhkan sidik jari atau face print pelanggan."

Untuk bisa menikmati layanan tersebut, nasabah perlu memindai kode QR pada layar ATM menggunakan aplikasi OCBC Pay Anyone melalui ponsel pintar mereka.

Kemudian, mereka akan diminta untuk memasukkan jumlah penarikan uang tunai pada aplikasi. Setelah itu akan ada proses otentikasi transaksi melalui sidik jari, face print, atau kredensial login dalam mobile banking.

Inisiasi tersebut diklaim dapat mempersingkat proses penarikan tunai di ATM OCBC NISP, dari 80 detik menjadi 45 detik.