Bank Indonesia Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 03 Des 2020 21:20 WIB

Bank Indonesia Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi Nasional

SURABAYAPAGI.com -Bank Indonesia menggelar Pertemuan Tahunan 2020 di Shangri-La Hotel Surabaya, Jawa Timur, Kamis (3/12/2020).

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Selain itu hadir juga sejumlah pejabat pemerintah dan daerah serta stakeholder Jawa Timur.

Kegiatan PTBI kali ini, mengusung tema "Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi".

Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim Difi Ahmad Johansyah secara langsung memaparkan outlook perekonomian Jawa Timur, serta optimis, sinergi kebijakan Pemprov/Pemda dan lembaga/otoritas di Jatim dapat mempercepat pemulihan perekonomian Jatim dan menopang pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu dikatakan Difi saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 “Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi”.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Menurut hasil Survei BI, turut mengkonfirmasi V-Shaped Recovery Perekonomian Jatim pada triwulan 3/2020. Survei Kondisi Dunia Usaha (SKDU) dan Survei Penjualan Eceran (SPE) yang oleh BI juga mengindikasikan perbaikan aktivitas usaha dan penguatan penjualan eceran Jatim pada triwulan 3/2020.

“Hal ini tercermin dari membaiknya kinerja lapangan usaha utama Jatin seperti lndustri pengolahan, perdagangan dan konstruksi. Lapangan usaha akomodasi & mamin serta transportasi yang sebelumnya terkontraksi sangat dalam juga sudah menunjukkan perbaikan pemulihan" katanya.

"Sementara, sektor pariwisata juga menunjukkan perbaikan namun masih terkontraksi sejalan dengan masih terbatasnya aktivitas masyarakat melakukan kegiatan wisata,” ujar Difi.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Momentum pemulihan ekonomi nasional, lanjut Difi, perlu terus didorong dengan memperkuat sinergi membangun optimisme oleh semua pihak, baik Pemerintah, BI, dan OJK.

Pemprov Jatim berhasil menjaga resiliensi dan percepatan pemulihan perekonomian yang diwujudkan dengan percepatan realisasi anggaran hingga triwulan Ill/2020 baik dari sisi APBN, APBD, maupun Kab/kota. Jul

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU