•   Rabu, 23 Oktober 2019
Surabaya

Bangkitkan Potensi Wisata Kota Lama

( words)
Eri Cahyadi Foto: SP/IST


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya untuk menata kawasan untuk membangkitkan pariwisata baru, di antaranya kawasan Jalan Karet.
Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, Kota Pahlawan tidak memiliki potensi untuk wisata alam seperti pegunungan, air terjun, ataupun wisata alam lainnya. Namun, Surabaya memiliki sungai Kalimas dan juga kota lama pecinan dan kampung arab di wilayah Surabaya utara. Potensi itu yang coba dimaksimalkan. "Kita ingin membangkitkan lagi wisata kota lama dengan memanfaatkan jalur kalimas. Khususnya di kawasan Jalan Karet, Jalan Panggung, sehingga tahun depan ingin kita tata itu," kata Eri, kemarin.
Kawasan tersebut rencananya akan dibuat seperti pasar malam, Yang menyediakan kuliner, aneka hiburan, kesenian, dan juga penampilan-penampilang yang menghibur. Kawasan jalan lama tersebut akan dicat ulang sesuai tema yang akan dibuat pemkot. Tidak hanya itu, ruko yang ada akan dipasangi kanopi dan disediakan meja-meja untuk kongkow di malam hari.
Saat ini perencanaan untuk anggaran di tahun 2019 sedang dibahas. Setidaknya ada anggaran Rp 30 miliar untuk pengembangan wisata itu, "Tapi tengah kita usahakan pengecatannya bisa pakai CSR. Nanti anggarannya akan digunakan untuk pengerjaan bangunan disana. Dan juga pemberian payung (kanopi). Insya Allah 2019 harus jadi," pungkas Eri.

Berita Populer