Balon Udara Bawa Petasan Menyala Tersangkut Kabel Listrik

Balon udara tanpa awak membawa petasan yang masih menyala tampak tersangkut di kabel listrik di Ponorogo.

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo – Meski polisi telah mengamankan sejumlah balon udara tanpa awak yang memuat petasan sebelumnya, namun hal itu nyatanya tak membuat masyarakat Ponorogo takut untuk menerbangkan balon udara berisikan petasan.

Buktinya masih saja ditemukan balon udara tanpa awak dengan petasan yang terbang bebas di langit di wilayah Ponorogo.

Bahkan salah satu balon udara tanpa awak yang diterbangkan warga tampak tersangkut kabel listrik di jalan Sultan Agung, Jum’at (29/5).

Kapolsek Ponorogo kota, AKP Haryo Kusbintoro mengatakan peristiwa itu terjadi pukul 05.15 WIB.

Terlebih balon udara tanpa awak tersebut masih ada api dan petasan yang menyala.

“Ini yang membahayakan. Balon udara tanpa awak jatuh dengan adanya petasan,” kata AKP Haryo Kusbintoro.

“Di dalam balon tersebut ada 17 petasan dan api yang menyala. Kita khawatir kebakaran, sehingga minta bantuan Damkar dan BPBD,” imbuhnya.

Dengan bantuan Damkar dan BPBD, proses evakuasi balon udara tanpa awak yang tersangkut tersebut memakan waktu sekitar 30 menit.

Dalam sepekan terakhir, Polsek Ponorogo kota telah mengamankan sebanyak 9 balon udara dan 150 petasan.

Meski menerbangkan balon udara di momen lebaran merupakan tradisi masyarakat Ponorogo, bukan berarti menerbangkan balon udara dengan petasan diperbolehkan.

Ia kembali menghimbau kepada warga untuk tidak menerbangkan balon udara tanpa awak yang berisi petasan karena dapat menyebabkan dampak yang serius.

“Masyarakat kami mohon untuk meninggalkan tradisi balon udara. Sebab banyak efek negative, bisa membakar rumah atau kena kabel listrik. Kemudian juga mengganggu penerbangan. Kami tidak ingin kucing-kucingan lagi,” pungkasnya.