Australia Luncurkan Layanan Antar Makanan Via Drone

SURABAYAPAGI.com – Bukan hal yang asing bila di Indonesia terdapat layanan pesan antar makanan. Biasa pesan antar menggunakan ojek online atau kurir. Namun perusahaan pengiriman barang lewat udara Wing di Australia meluncurkan sebuah inovasi terbaru membuat layanan pesan antar makanan lewat udara menggunakan drone. Perusahaan di bawah naungan induk perusahaan Google, Alphabet Inc itu menghadirkan jasa antar makanan lewat pesawat tanpa awak alias drone pertama di Australia. Ini jadi layanan antar makanan lewat drone pertama Wing di dunia.
Juru bicaranya, Casa Peter Gibson mengatakan bahwa pihaknya sudah memeriksa kondisi drone, sistem manajemen lalu lintas, pemeliharaan, pelatihan pilot drone hingga perencanaan operasional.
"Semua hal menyangkut keamanan telah dinilai sehingga tidak ada risiko bagi masyarakat yang ada di darat, properti atau pesawat terbang di langit," jelas Gibson. Lebih lanjut Gibson menuturkan bahwa persetujuan itu diberikan dengan beberapa peraturan ketat.
Ontohnya jam operasional, di mana pengiriman lewat drone hanya bisa dilakukan di siang hari.
Kemudian drone dilarang melintasi jalan-jalan utama hingga adanya jarak ketinggian minimun antara drone dan masyarakat. Dikutip dari Fox News (10/4), layanan antara via drone ini beroperasi di hari senin hingga jumat mulai dari jam 7 pagi.
Rencananya drone pengantar makanan ini akan dioperasikan di 100 rumah yang memenuhi syarat yang ada di pinggiran kota Crace, Palmerston dan Franklin di Canberra dalam beberapa minggu mendatang. Setelahnya Wing akan melebarkan layanan antar makanan ini ke wilayah Harrison dan Gungahlin.