Atasi Perekonomian, Dinas PUPR Kota Kediri Bentuk Program Padat Karya

Warga saat melakukan pembangunan jalan di Kota Kediri. SP/ BN

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat memiliki program padat karya yang disebar di sejumlah kelurahan. Dari program tersebut diharapkan dapat memulihkan perekonomian warga di tengah Pandemi Covid-19.

Kepala Dinas PUPR Kota Kediri, Ir Sunyata menjelaskan bahwa, program padat karya di Kota Kediri sudah berjalan mulai tanggal 30 September lalu. Program pembangunan tersebut dinilai dapat membantu warga yang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19.

“Sudah berjalan kurang lebih dua pekan ini. Ada ratusan titik yang tersebar di beberapa kelurahan di Kota Kediri,” ujarnya, Senin (26/10/2020).

Program pemulihan ekonomi ini, Dinas PUPR Kota Kediri mendapat bantuan sebesar 27 miliar untuk program padat karya. Besaran anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan yang melibatkan tiga bidan di Dinas PUPR mulai bidang Bina Marga, Pengairan dan Cipta Karya.

“Untuk program padat karya di PUPR kita gunakan pembangunan seperti saluran irigasi, normalisasi, pembuatan jalan, pembangunan dinding penahan jalan, pengecatan bangunan dan sanitasi,” jelas Sunyata.

Sementara itu, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar memastikan proyek padat karya ini berjalan dengan baik. Proyek ini memang didesain untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Proyek ini yang mengerjakan masyarakat setempat yang ada kemungkinan masyarakat itu terdampak Covid-19. Mungkin kerjaannya lagi nggak ada atau apa. Sehingga kami Pemerintah Kota Kediri memastikan program ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan desain serta konsep dari Pemerintah Kota Kediri. Nah dengan seperti itu maka daya beli masyarakat itu akan meningkat,” ujarnya.

Mas Abu mengungkapkan nantinya setiap kelurahan di Kota Kediri akan mengerjakan proyek padat karya. Dengan proyek ini roda perekonomian akan berputar khususnya di masa pandemi ini. Untuk penyelesaiannya sekitar 2 hingga 3 bulan. Dsy9