•   Rabu, 11 Desember 2019
Otonomi Daerah

Asyik Nongkrong, Belasan Anjal di Jombang Terjaring Razia Satpol PP

( words)
Para anak jalanan yang terjaring operasi oleh Satpol PP Jombang. (SP/M. Yusuf)


SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Belasan anak jalanan (anjal) terjaring razia yang dilakukan oleh Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jombang, saat asyik nongkrong di bekas gedung Dekopinda di Jalan KH Hasyim Asy’ari, Kecamatan Jombang, Jawa Timur pada Senin, (11/11/2019).

Kabid Ketertiban Umum dan Sumberdaya Aparatur Satpol PP Jombang, Haris Aminuddin mengatakan, razia yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB tersebut, menjaring 12 anak. Dua diantaranya perempuan.

"Jadi sebelumnya kami mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada sekelompok anjal sedang berkumpul di gedung Dekopinda," katanya, saat di kantornya, Jalan Kusuma Bangsa Nomor 36 Jombang.

Haris memaparkan, menindaklanjuti informasi tersebut, sejumlah petugas dengan membawa truk langsung segera menuju ke lokasi.


Image

"Dan ternyata memang benar dan langsung kita amankan. Hanya ada satu anak yang berhasil melarikan diri ke arah Jalan Gatot Subroto melawan arus," paparnya.

Selanjutnya, lanjut Haris, belasan anjal tersebut langsung dibawa ke kantor Satpol PP untuk dilakukan pendataan. Rata-rata mereka masih anak dibawah umur.

"Selain dari Jombang, mereka juga terdata berasal dari luar Jombang, yakni Jakarta, Bogor Lamongan dan kota lainnya," jelasnya.

Masih menurut Haris, selain itu pihaknya juga menggeledah bawaan para anjal. Hasilnya, petugas menemukan benda seperti gear.

"Pengakuannya mereka untuk jaga diri saja," ujarnya. Sementara petugas juga meminta saling cukur dari sebagian dari mereka yang berambut gondrong.

"Tindakan selanjutnya akan kita serahkan ke Kantor Dinas Sosial untuk pembinaan. Untuk muka lama mungkin dilanjutkan ke panti sosial," pungkasnya.(suf)

Berita Populer