Asisten Pelatih Barito Putra ’Yunan Helmi’ Diduga Positif Corona

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Manajer Barito Putera, Mundari Karya, menyatakan asisten pelatih Yunan Helmi tengah diisolasi terkait dugaan virus corona atau Covid-19.

Mundari mengungkapkan Yunan sudah satu pekan dirawat di rumah sakit karena indikasi demam berdarah di Banjarmasin. Yunan sempat dirawat di Rumah Sakit Suaka Insan dan kemudian dirujuk ke Rumah sakit Umum Daerah Ulin.

Dilansir dari CNNIndonesia, "Ada indikasi demam berdarah. Pas kita [tim Barito] berangkat ke sini [Makassar], dia dirujuk ke Rumah Sakit Ulin," ujar Mundari, Senin (16/3).

"Diindikasikan ada [corona]. Dia masuk [RS Ulin], diisolasi. Baru tiga hari, jadi keputusan masalah dia positif atau negatif itu belum ada. Masih menunggu," ucap Mundari melanjutkan.

Mundari belum bisa memastikan tenggat pengecekan tim medis RS Ulin terkait indikasi virus corona yang dialami Yunan. Mantan pelatih PSPS Pekanbaru itu memperkirakan butuh minimal lebih dari tiga hari.

"Belum itu. Yang menteri aja tiga hari, apalagi yang dari daerah," ucapnya.

Selain itu Mundari mengungkapkan pemain hingga ofisial akan melakukan pengecekan kesehatan. Hal ini dilakukan setelah Yunan diisolasi karena diindikasikan corona.

Pemain dan ofisial direncanakan melakukan pengecekan kesehatan di Banjarmasin pada Selasa (17/3). Skuat Laskar Antasari saat ini masih berada Makassar untuk bertanding melawan PSM Makassar, hari ini.

Namun, keputusan PSSI untuk menunda gelaran Liga 1 dan Liga 2 selama dua pekan sebagai imbas pandemi corona membuat laga kedua tim batal digelar.

"Pemain-pemain kita mau diliburkan setelah lawan Makassar [rencana awal]. Sekarang seluruh pemain akan kembali ke Banjarmasin untuk check up. Hari ini pulang dan baru besok diperiksa dokter karena pesawat malam hari," kata Mundar

Saat ini keluarga besar Barito Putera juga tengah menanti hasil pemeriksaan terkait dugaan infeksi virus Corona pada Yunan Helmi, sehingga masyarakat diminta bersabar dan jangan mudah menerima informasi yang belum resmi.

Dikutip dari laman Indosport, "Kita masih menunggu hasil pemeriksaan yang secara resmi dikeluarkan oleh Rumah Sakit," papar Mundari Karya, Senin (16/03/20). "Kita enggak menutupi masalah ini, tapi semua harus menunggu hasil resmi dari dokter, karena ini masalah untuk semua masyarakat Kalsel. Mudah-mudahan hasilnya negatif," imbuhnya.

Selain menjadi perhatian internal klub, tentu kasus suspect virus Corona yang menimpa Yunan Helmi juga menjadi perhatian nasional, karena baru-baru ini Barito Putera bertandang ke markas PSM Makassar pada kompetisi Shopee Liga 1 2020.

Guna melakukan tindakan preventif, skuat Laskar Antasari dan staf kemudian serempak melakukan tes kesehatan yang dijadwalkan pada Selasa (17/03/20) besok, setelah tim kembali ke Banjarmasin. "Seluruh pemain kembali ke Banjarmasin setelah bermain di Makassar. Seluruh pemain akan dilakukan pemeriksaan pada hari Selasa," tutup Mundari.(cnn/is/bc/cr-03/dsy)