•   Jumat, 3 April 2020
Internasional

AS-China akan Bertemu untuk Akhiri Perang Dagang

( words)
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.


SURABAYAPAGI.com - Perseteruan AS dan China nampaknya akan mencapai puncak kesepakatan. Pasalnya baru-baru ini, AS dan China telah melanjutkan pembicaraan dalam upaya untuk mengakhiri perang dagang yang membuat perekonomian global melemah.
Pembicaraan perdagangan tingkat tinggi ini akan dilanjutkan oleh kedua belah negara pada minggu depan. Terlihat adanya sikap optimistis untuk dapat dengan cepat menyelesaikan masalah ini.
Hal ini diungkapkan oleh perwakilan dagang Gedung Putih, Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin pada Selasa saat perjalanan menuju Beijing untuk melanjutkan pembicaraan selanjutnya yang akan dimulai sejak 30 April 2019.
Setelah pertemuan pada 30 April di Beijing, rencananya Liu He penasihat ekonomi utama Presiden China Xi Jinping akan memimpin delegasi ke Washington untuk pembicaraan lebih lanjut pada 8 Mei 2019.
Perwakilan AS mengatakan, pembicaraan pada 30 April akan membahas seputar masalah perdangan termasuk kekayaan intelektual, transfer teknologi paksa, hambatan non-tarif, pertanian, layanan, pembelian serta penegakan hukum.
Namun sayangnya, pihak China belum mengkonfirmasi akan membahas apa pada pertemuan minggu depan.
AS dan China diyakini akan segera mengakhiri perang dagang yang telah berlangsung selama lebih dari setahun dan membuat dampak cukup besar bagi ekonomi global.
Donald Trump mengatakan, setiap kesepakatan perdagangan yang ada sejak awal bulan ini akan menjadi sesuatu yang sangat monumental bagi generasi mendatang.

Berita Populer