Antisipasi Penyebaran Covid-19, Polisi Sumenep Sidak PT Tanjung Odi

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep – Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Tanjung Odi yang berlokasi di Desa Patean, Kecamatan Batuan, Kamis (9/4/2020).

Sidak ke perusahaan yang memproduksi rokok tersebut, merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dan jajaran kepolisian dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Sidak ini untuk memberikan imbauan Kamtibmas terkait protokol kesehatan sesuai Surat Edaran Menteri Perindustrian RI dalam antisipasi pencegahan Covid-19,” kata Kapolsek Kota Sumenep, AKP Jawali.

Menrut Jawali, berdasarkan surat edaran tersebut, perusahaan diwajibkan menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi karyawannya. Seperti, alat pengukur suhu tubuh, masker, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan.

Selain itu, perusahaan juga diminta melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor, seperti kamar mandi, musala, kantin, dan tempat fasilitas lainnya. Perusahaan juga harus menyediakan makanan bergizi dan vitamin bagi karyawannya.

“Kami juga imbau karyawan agar menjaga jarak minimal 1 meter. Kepada perusahaan apabila ada karyawan yang sakit agar segera melapor ke Tim Medis atau Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan PT Tanjung Odi, Ahmad Muzammil mengaku bahwa perusahaannya sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai edaran pemerintah. “Kami juga dapat intruksi dari perusahaan pusat terkait protokol itu,” katanya.

Menurutnya, perusahaan tempat dia bekerja saat ini telah menjalankan imbauan dari pemerintah. Dengan menyediakan alat pengukur suhu tubuh, bilik disinfektan, dan menyediakan alat pelindung diri lainnya.

“Setiap karyawan yang akan masuk dan keluar perusahaan terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya, lalu disterilkan di bilik disinfektan. Selain itu, untuk sistem pembayaran gaji, ditarnsfer melalui rekening masing-masing karyawan. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (haz)