Antisipasi Banjir dan Longsor, Polres Blitar Tanam 2000 Pohon

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Memasuki musim penghujan yang memiliki intensitas tinggi, Polres Blitar bersama TNI dan Perhutani melakukan aksi penanaman serempak sebanyak 2.000 pohon serempak pada Kamis (9/1). Hal itu untuk mengantisipasi adanya banjir dan tanah longsor.

Penanaman tersebut dilakukan di beberapa titik rawan banjir dan tanah longsor, diantaranya di wilayah Kecamatan Sutojayan, Kademangan, Gandusari, Doko, Wlingi, Kesamben, Selorejo, Bakung, Wates, Garum dan Nglegok.

Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto S.IK.M.SI mengatakan aksi dalam penanaman penghijauan ini disiapkan 2.000 bibit pohon berbagai jenis tanaman yang akan ditanam dan di sebar pada 16 Polsek jajaran wilayah Polres Blitar.

"Masing-masing polsek hari ini ( Kamis 9/1) serempak melaksanakan penanaman pohon dengan disiapkan 100 bibit pohon per Polsek dan di Polres Blitar 400 bibit pohon," kata AKBP.Budi Hermanto.

Khusus untuk wilayah Kecamatan Sutojayan, terutama wilayah Lodoyo sepanjang Sungai Bogel disiapkan 1000 bibit pohon, untuk bibit pohon disiapkan di Polsek Lodoyo Timur ( Sutojayan).

Menandai dimulainya penanaman 2.000 pohon ini, dilakukan oleh Kapolres dan Waka Polres dan seluruh Polsek yang di tandai secara simbolis di halaman belakang Mapolsek Lodoyo Timur Kecamatan Sutojayan, karena Sutojayan merupakan kawasan rawan banjir.

"Perlu di ingat bahwa di wilayah Kecamatan Sutojayan sering terjadi banjir bila musim penghujan, apalagi saat ini musim penghujan dengan intensitas sangat tinggi, dan banjir bisa datang sewaktu-waktu akibat luapan air Sungai Bogel, yang bisa meluap ke wilayah sekitar," tandas AKBP Buher panggilan akrab orang nomor 1 di Polres Blitar ini kepada wartawan, Kamis (8/1).

Kegiatan penanaman pohon serempak di wilayah Polsek di jajaran Polres Blitar ini merupakan Program Nasional Polri Peduli Penghijauan, dimana Polri Bersama TNI dan Pemerintah akan terus melakukan penghijauan secara belanjut.

Mantan Kapolres Batu ini mengharapkan agar penghijauan seperti ini bisa berkelanjutan, yang telah di Program oleh Polres Blitar yang akan disiapkan pihak Polres Blitar, adapun program itu seperti bagi anggota Polres Blitar yang akan menikah diharuskan menanam pohon walau satu atau dua pohon.

"Selain itu bila ada anggota yang ulang tahun, naik pangkat bahkan mendapat promosi jabatan juga disarankan dan di haruskan menanam pohon, sebagai tanda kepedulian lingkungan yang kelak hasilnya bisa di rasakan generasi mendatang." pungkasnya.les