Alasan Dibalik Siku Terasa Tersetrum Saat Terbentur

SURABAYAPAGI.com - Apakah kamu pernah merasakan sensasi tersetrum setelah sikumu terbentur benda keras? Atau bahkan mungkin kamu pernah mengalaminya setelah temanmu jahil menyentil sikumu? Rasa tersetrum ini kadang juga disertai rasa kesemutan dan mati rasa sejenak. Sebenarnya, kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah ini berbahaya bagi tubuhmu? Berikut penjelasannya.1. Bukan tulang, kamu merasakan sensasi tersetrum karena siku tanganmu dilalui saraf ulnar
Lmh.org Saraf ini membentang dari bahu hingga ujung kelingking. Fungsi dari saraf ini untuk mengatur otot agar memudahkan gerakan lengan bawah, tangan dan jari. Itu sebabnya saat terbentur sekujur bagian ini akan merasakan sensasinya.
2. Saraf ulnar rentan karena gak dilindungi otot dan tulang
Phoenixshoulderandknee.com Saraf ini rentan terbentur karena gak dilindungi otot dan tulang. Saraf ini hanya ditutupi kulit dan lemak saja.
3. Bagian yang gak terlindungi ini sangat sensitif
Peakphysicaltherapy.net Saraf yang terletak di belakang tulang humerus ini sangat sensitif. Benturan sedikit saja, kamu bisa merasa tersetrum.
4. Saat terbentur, saraf ini akan mengirimkan sinyal ke otak
Newscientist.com Otak pun meresponsnya dengan sensasi tersetrum dan kesemutan. Menurut Derick van Vuuren, ahli fisiologi dari Stellenbosch University, Afrika Selatan sensasi ini bahkan menyebabkan mati rasa di lengan hingga jari-jari tangan.
5. Meski begitu, gejala ini hanya sementara
Medicalnewstoday.com Dalam hitungan menit, sikumu akan kembali seperti sedia kala.
6. Meski begitu, sebagian kasus bisa menyebabkan saraf ulnar terjepit
Handsurgeonohio.com Meski gak berbahaya, namun ada kasus saraf ulnar mendapat tekanan berlebihan sehingga terjepit. Kondisi ini disebut sebagai cubital tunnel syndrome.
7. Karena itu, hindari kebiasaan buruk yang bisa membuat saraf ulnar kejepit
Michaelcurtispt.com Hindari menyandarkan siku pada permukaan yang keras atau menekuk siku dalam waktu lama. Hindari jika aktivitas yang berlebihan yang menekan saraf ulnar.
Buat kamu atau temanmu yang suka bermain menyentil siku untuk mendapat sensasi tersetrum, sebaiknya jangan dibiasakan ya. Khawatir nanti terjepit lagi. Bisa jadi masalah serius loh!