Alasan Anies Beri Penghargaan ke Diskotek Colosseum

SURABAYAPAGI.com, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada Diskotek Colosseum telah menuaikan kontroversi.

Pasalnya, Colloseum Jakarta sendiri ialah sebuah tempat hiburan malam. Penghargaan tersebut diberikan dalam Anugerah Adikarya Wisata 2019 sebagai nominasi Hiburan dan Rekreasi.

Malam penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 diselenggarakan pada 6 Desember 2019 di JW Marriott Hotel, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Alberto Ali mengatakan bahwa penghargaan kepada tempat hiburan malam colosseum Jakarta dalam Anugerah Adikarya Wisata 2019 sebagai nominasi Hiburan dan Rekreasi khususnya kategori kelab malam.

“Penghargaan Adikarya Wisata itu ada 31 kategori bukan cuma itu, salah satunya diskotik, dari 31 (kategori) diskotik itu yang menang Colosseum,” kata Roberto di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Dia pun menjelaskan ada beberapa faktor yang menjadikan Diskotek Colloseum keluar sebagai pemenang kategori Klub dan Diskotek. “Ada 3 faktor yang diatur dedikasinya, kinerja perusahaan, lalu kontribusi terhadap pariwisata Jakarta ada tim yang itu semua,” tutur Alberto.

Dia menjelaskan, usaha hiburan malam diskotik termasuk bagian pariwisata yang diatur oleh undang-undang sehingga keberadaannya legal. “Diskotik kan gak dilarang. (Pengawasan) Kalau dalam peraturan perundangan kita Pergub 18 tahun 2018, kalau tiga hal yang dilanggar narkotika, perjudian sama prostitusi itu kita rekomendasikan untuk dicopot izin,” ujarnya.

Sementara saat disinggung terkait rekomendasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menutup tiga diskotek salah satunya Colloseum, Alberto enggan menjawab. “Tanya sana dulu (BNN),” tandas dia.

Pemberian penghargaan kepada Diskotek Colloseum sendiri menuai kontroversi di dunia maya setelah akun Twitter @ayudh69 memposting plakat penghargaan kepada Colloseum Jakarta dari Pemprov DKI Jakarta yang ditandatangani oleh Anies Baswedan.

**foto**

“Selamat utk diskotek Colloseum Jakarta, mendapat penghargaan Adikarya Wisata dari Gubernur,” tulis akun tersebut sembari menandai akun Anies dan memberikan emoticon jempol.

Postingan tersebut menuai banyak komentar pro dan kotra, ada yang mempertanyakan kepada Anies soal wisata halal. “Ini dia yang namanya wisata syariah lan halal,” tulis @FPurwatmo.