•   Selasa, 7 April 2020
Surabaya

8 Ribu Warga Belum Teraliri Air, PDAM Berdalih Urusan Lahan

( words)
Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) milik PDAM di Karangpilang Surabaya. (Foto: SP/IST)


SURABAYAPAGI.com - Sejumlah wilayah di Surabaya masih belum teraliri air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). PT Surya Sembada Surabaya mencatat tinggal 8.000 KK di Kota Pahlawan yang belum teraliri air bersih tersebut.
"Ini belum termasuk perumahan-perumahan yang baru di wilayah Surabaya Barat yang banyak bermunculan. Yang terhitung di kami hingga saat ini tinggal 8.000 KK yang belum teraliri air PDAM," kata Manajer Sekertariat dan Humas PDAM Surya Sembada Surabaya Bambang Eko Sakti, Jumat (22/3).
PDAM secara bertahap akan menuntaskan kampung dan rumah yang belum mendapat layanan aliran air PDAM. Saat ini, PDAM Surabaya memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPAM), yakni di Karangpilang dan Ngagel. Karang Pilang untuk mengairi wilayah Surabaya Tengah dan IPAN Ngagel mengaliri wilayah Barat dan Utara.
PDAM Surabaya setiap detik mengeluarkan 11.976 liter air atau 1,1 juta meter kubik air untuk per hari. Air ini untuk sekitar 561.000 pelanggan yang harganya Rp 2.000 per meter kubik. Bambang menuturkan jika dipersentase tinggal menyisakan 1 persen KK.
PDAM berdalih kampung atau KK yang belum teraliri air lantaran di lahan Perusahaan Jawatan Kereta Api PJKA atau Pelabuhan sehingga harus berurusan dengan instansi lain. Salah satu daerah yang paling banyak belum teraliri PDAM adalah wilayah Barat Surabaya. Banyak perumahan di wilayah itu tanpa PDAM, bahkan mendirikan instalasi air sendiri.
Untuk menuntaskan sisa warga yang belum teraliri PDAM itu, PDAM akan memberi diskon hingga 50 persen untuk menyambungkan instalasi sambungan rumah. "Biaya pemasangan saluran rumah ini Rp 1,7 juta," sambungnya
Sementara itu, selain menambah tandon besar PDAM Kota Surabaya di sejumlah wilayah juga akan merehabilitasi jaringan pipa. Sebab pipa PDAM sebagian besar peninggalan Belanda. Ada total 400 KM jaringan pipa yang dialiri air PDAM. Sebagian ada yang bocor dan aus. Saat ini baru 40 KM yang direhabilitasi atau diganti. Setiap tahun PDAM menargetkan 150 KM rehabilitasi pipa.

Berita Populer