•   Rabu, 26 Februari 2020
Kesehatan

8 Penyebab Bibir Hitam

( words)
Ilustrasi bibir hitam


SURABAYAPAGI.com - Bibir sehat ditandai dengan bibr yang lembab, tidak pecah-pecah dan berwarna cerah. Pada sebagian orang, bibir menjadi menghitam karena kebiasaan merokok.

Sebenarnya, ada banyak alasan yang dapat membuat bibir tampak gelap atau hitam. Selain merokok, bibir hitam dapat disebabkan oleh alasan lainnya.

Apa saja penyebab lain dari bibir hitam itu? Dikutip dari darklipstips.com, berikut penjelasannya.

Dehidrasi
Dehidrasi dapat menyebabkan bibir hitam, lho. Adapun tanda dari dehidrasi merupakan kulit yang terasa kering pada wajah, dagu, tangan, leher ataupun bibir.

Agar bibir tidak menghitam, Kamu harus minum 8 hingga 10 gelas air untuk menjaga bibir tetap lembab dan terhidrasi dengan baik.

Paparan Sinar Matahari
Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat membuat bibir berubah warna menjadi lebih gelap.

Sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat mengubah melanin pada tubuh khususnya pada wajah dan bibir.

Bibir Kering
Bibir yang kering dapat memicu masalah lain pada bibir, seperti pecah-pecah atau bahkan berpeluang untuk membuat bibir menjadi gelap secara perlahan.

Oleh karena itu, melembabkan bibir dengan banyak minum air putih dan menggunakan lip balm bisa menjadi langkah tepat untuk mengatasi bibir yang kering.

Kebiasaan dan Gaya Hidup
Selain merokok, kebiasaan lain yang dapat membuat bibir Kamu menjadi lebih gelap ialah minum alkohol. Sebenarnya, zat asam yang terkandung di dalam alkohol lah yang merupakan penyebab dari bibir hitam.

Tidak hanya itu, terlalu banyak minum alkohol bisa membuatmu dehidrasi, walaupun alkohol juga merupakan cairan. Akibat dehidrasi inilah membuat bibir menjadi berubah gelap warnanya.

Hiperpigmentasi
Penyebab bibir hitam lainnya adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi melanin di dalam tubuh yang terlalu banyak dan dapat mengubah warna kulitmu.

Nah, bagian wajah seperti bibir merupakan bagian yang paling berpeluang untuk mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Oleh karena itu, penting bagi Kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan untuk menggunakan tabir surya nih, Gengs. Untuk di bagian bibir, biasanya beberapa produk lip gloss atau pelembap bibir mengandung SPF yang dapat melindungi bibir Kamu dari sinar matahari.

Anemia
Anemia merupakan kondisi kurangnya hemoglobin, zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah.

Zat inilah yang memberikan warna merah pada darah dan beberapa bagian pada kulit termasuk bibir. Makanya nih Gengs, anemia bisa menjadi penyebab bibir hitam.

Kafein dan Minuman Panas
Makanan dan minuman yang mengandung kafein adalah salah satu penyebab bibir hitam. Kafeinsebenarnya merupakan zat diuretik yang dapat membuat Kamu cenderung ingin dan sering buang air kecil.

Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan membuatmu dehidrasi karena cairan terus keluar melalui urin. Dengan begitu, dapat membuat bibir menjadi hitam.

Kurang Merawat Bibir
Bagi beberapa wanita, lipstik merupakan penyempurna penampilan. Selain itu, bagi yang terbiasa menggunakan makeup sebelum menjalani aktivitas sehari-hari, tidak lengkap rasanya kalau tidak menggunakan lipstik.

Namun, tidak jarang pula yang memerhatikan waktu kedaluwarsa dari produk kecantikan yang satu ini. Padahal, produk bibir yang kedaluwarsa dapat membuat bibir hitam, lho.

Ternyata, banyak hal ya yang dapat menyebabkan bibir menjadi hitam, Gengs? Setelah mengetahui penyebabnya, yuk mulai merawat bibirmu agar tetap indah terlihat.

Kamu bisa mulai merawat bibir dengan selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi, menggunakan lip balm dan bahkan rutin melakukan eksfoliasi bibir.

Berita Populer