•   Minggu, 5 April 2020
Kesehatan

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan

( words)
Ilustrasi sibuk. Foto: shutterstock


SURABAYAPAGI.com - Tahun baru bagi kebanyakan orang dimanfaatkan sebagai ajang introspeksi diri. Sama seperti buku, tahun baru menjadi momen buat kamu untuk membuka lembaran baru. Untuk itulah kamu tentunya harus berusaha menjadi lebih baik di tahun yang baru ini. Salah satunya dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang selama ini kamu lakukan. Ini lho delapan kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan untuk menyambut tahun baru yang lebih baik!
1. Menunda-nunda sesuatu
Sudah waktunya kamu berhenti mengucapkan "Ntar aja deh" atau "Besok aja lah". Kalau kamu masih punya mindset yang dengan gampangnya menunda sesuatu, tujuan kamu gak akan pernah tercapai!
2. Terlalu larut bersama gadget dan media sosial
Ingat, kehidupan di dalam media sosial yang ada pada gadget kamu tak selalu seindah kenyataannya. Gunakan gadget dan media sosisal seperlunya. Ganti dengan melakukan kegiatan yang bisa bikin kamu lebih happy.
Banyak kok kegiatan positif di luar sana yang jauh lebih bermakna ketimbang melihat postingan instagram temanmu yang malah bikin kamu stress dan iri.
3. Jadikan masa lalu sebagai bahan pembelajaran
Selama satu tahun ke belakang pasti banyak momen yang terjadi dalam hidupmu, baik itu momen bahagia atau bahkan menyakitkan. Sudah saatnya kamu untuk move on. Bukan berarti meninggalkan masa lalu kamu harus melupakan hal menyakitkan yang pernah terjadi.
Belajarlah untuk ikhlas dan menerima. Tak perlu lagi diungkit, namun jadikanlah masa lalu pahit itu sebagai bahan pembelajaran agar kamu lebih kuat menghadapi persoalan di masa depan.
4. Stop menghaburkan uang untuk hal yang tidak penting
Saat lihat handphone keluaran terbaru, coba pikir lagi apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau mau gaya saja? Lihat baju diskonan di mall? Ingat tumpukan pakaian di lemarimu yang selama ini gak pernah tersentuh!
Mulai sekarang coba berpikir kembali saat akan membeli sesuatu, apakah barang itu memang kamu butuhkan atau hanya lapar mata saja?
5. Acuh sama kesehatan tubuhmu sendiri
Hayo, ngaku deh pasti banyak di antara kamu yang acuh dengan kesehatan dirimu sendiri. Makan sembarangan, jarang berolahraga, sampai kurang tidur masih sering banget kita lakukan. Jangan lagi beralasan sibuk. Mulai sekarang, coba sedikt demi sedikit ubah gaya hidup kamu jadi lebih sehat.
6. Terlalu sibuk
Hidup seimbang itu penting banget, lho! Jangan hanya berkutat pada pekerjaan, atau sekolah. Saat punya waktu libur, manfaatkanlah dengan baik! Gak perlu traveling jauh-jauh. Bersantai di rumah atau mengerjakan hobi favorit bisa jadi alternatif untuk membuatmu lebih happy dan relax kembali.
7. Takut untuk memulai
Kalau kamu tak pernah berani mengambil keputusan besar, hidupmu ya akan gitu-gitu aja. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru! Kalau tidak pernah mencoba dan memulai, kamu gak akan pernah tahu hasil yang akan didapatkan. Mungkin awalnya sulit, tapi percaya deh kedepannya kamu pasti bisa mengatasinya.
8. Menjadikan resolusi sebatas angan-angan
Ingat, resolusi dibuat bukan hanya untuk dibayangkan tapi diwujudkan! Jadi kamu juga harus realistis dalam menyusun resolusimu tahun ini. Tak perlu muluk-muluk, buatlah resolusi yang sederhana namun bisa kamu wujudkan secara bertahap.
Hal ini jauh lebih baik ketimbang membuat resolusi besar namun berakhir sebagai angan-angan saja.

Berita Populer