•   Minggu, 5 April 2020
Pendidikan

6 Tips Agar Tidak Kecanduan Smartphone

( words)


SURABAYAPAGI.com - Berapa lama biasanya Kamu menggunakan smartphone dalam sehari? 10 jam? 12 jam? Atau bahkan hampir 20 jam? Yup, di zaman ini rasanya sulit ya untuk berada jauh dari smartphone. Bahkan, hampir setiap aktivitas yang kita lakukan pasti melibatkan smartphone, baik itu untuk memudahkan berkomunikasi, mencari informasi, mendapatkan hiburan, dan sebagainya. Meski begitu, tak bisa dipungkiri jika penggunaan samrtphone yang terlalu sering dan dalam waktu yang lama bisa menimbulkan sejumlah dampak buruk bagi kesehatan.
Sebut saja nyeri pada leher hingga tendinitis atau peradangan pada pergelangan tangan, penyakit-penyakit ini bisa terjadi akibat terlalu sering menggunakan smartphone. Nah, agar Kamu bisa terhindar dari sejumlah penyakit akibat kecanduan smartphone, yuk lakukan 4 hal berikut ini!
1. Hapus semua aplikasi yang membuatmu tak bisa lepas dari smartphone Tenang saja, menghapus semua aplikasi bukan berarti harus menghapus semua akun dan tidak boleh mengaksesnya sama sekali. Kamu masih boleh kok mengaksesnya melalui perangkat lain, seperti komputer atau laptop.
Namun jika Kamu benar-benar ingin terlepas dari pengaruh smartphone, maka cobalah untuk menghapus 1 atau 2 aplikasi favoritmu.
Tujuannya adalah membuat smartphonemu terasa sangat membosankan, sehingga Kamu tidak berniat lagi untuk memainkannya. Mungkin akan terasa sangat berat di awal, tetapi ini bisa membantu dirimu untuk tidak tergantung pada smartphone.
2. Batasi penggunaan smartphone dengan menggunakan aplikasi Jika Kamu masih sulit untuk benar-benar meninggalkan smartphone, cobalah mengunduh aplikasi untuk membatasi penggunaan smartphone.
Jadi kalau sampai Kamu melanggar aturan yang sudah dibuat, aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi secara terus-menerus agar Kamu segera beristirahat menggunakan smartphone.
3. Matikan notifikasi Meski mematikan notifikasi tidak terlalu membantu bagi mereka yang terlalu tergantung dengan smartphone, ini bisa membantumu mengurangi pemakaian smartphone. Ya, setidaknya Kamu tidak akan selalu mengecek smartphone setiap kali ada denting notifikasi berbunyi, kan?
4. Tinggalkan smartphone Cara paling efektif untuk membuatmu tidak terlalu tergantung dengan smartphone adalah meninggalkannya. Jika di awal-awal terasa sangat sulit untuk meninggalkannya dalam waktu lama, cobalah untuk sekadar meninggalkannya ketika Kamu beranjak dari 1 ruangan ke ruangan lain.
Misalnya, cobalah untuk tidak membawa smartphone saat Kamu ingin ke kamar mandi.
Jika Kamu sudah sukses melakukannya dalam waktu singkat, Kamu bisa melakukannya dalam waktu yang lebih lama. Misalnya, pergilah ke luar rumah untuk hangout bersama teman tanpa membawa smartphone dan tidak disertai keresahan sedikitpun.
5. Ganti smartphone minimalis Jika salah satu alasanmu menggunakan smarpthone adalah untuk berkomunikasi, maka cobalah untuk beralih menggunakan ponsel yang lebih minimalis dari segi fiturnya.
Dengan ponsel ini, Kamu tidak memiliki banyak pilihan untuk memainkannya, sehingga akan membuatmu merasa malas memegang ponsel. Namun, di sisi lain Kamu tetap masih bisa berkomunikasi kok dengan orang-orang terdekat.
6. Lakukan aktivitas lain Selain bermain smartphone, masih ada banyak kegiatan lain kok yang bisa Kamu lakukan untuk menghibur diri. Kamu bisa membaca buku, menonton film, atau pergi bersama teman. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan ini, dijamin Kamu akan lupa deh dengan smartphonemu.
Tidak bisa dipungkiri sih jika smartphone memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun jangan lupa juga Gengs, kalau penggunaan smartphone yang berlebihan bisa membawa dampak yang buruk pula bagi kesehatanmu.
Maka dari itu, yuk lakukan 6 cara di atas untuk mengatasi kecanduanmu terhadap smartphone.

Berita Populer