•   Kamis, 12 Desember 2019
Peristiwa Nusantara

6 Barang yang Tidak Seharusnya Kamu Beli di Bandara

( words)
Ilustrasi suasana di bandara.


SURABAYAPAGI.com - Sudah jadi rahasia umum kalau harga barang di bandara jauh lebih mahal dibanding barang yang sama namun dibeli di luar bandara. Tapi ada saja hal yang terjadi yang membuat orang terpaksa membeli barang di bandara. Baik sebagai oleh-oleh atau barang kebutuhan lainnya, orang akhirnya harus membeli sejumlah barang di bandara, tapi ada beberapa hal yang seharusnya tidak dibeli di bandara. Dilansir dari Smarter Travel, Rabu, 5 Desember 2018. Berikut diantaranya.

Duty-free
Penting diketahui bahwa barang-barang yang ada di toko duty-free tidak selalu memiliki harga yang bagus.
"Anda bisa menghemat sejumlah uang jika Anda seorang perokok yang tinggal di wilayah dengan pajak tinggi. Tapi barang elektronik, kosmetik dan produk mewah, seperti dompet desainer biasanya akan lebih murah jika dibeli online," kata Jason Clampet.
Pengacara konsumen, Ed Perkins juga setuju dengan pernyataan Clampet. Perkins melihat adanya markup pada beberapa produk, seperti iPad dan minuman yang harganya jauh lebih tinggi dibanding dengan harga di luar bandara.
Solusinya adalah ketika membeli barang di duty-free, cek dulu di online dan bandingkan harganya.
Mata uang asing
Biasanya penukaran uang di bandara akan dikenai biaya transaksi yang tinggi, karena itu bandara bukan tempat terbaik untuk menukarkan mata uang. Lebih baik Anda menukarkan uang melalui ATM di negara tujuan.
Dengan begitu, tarif penukaran uang yang diberlakukan adalah antar bank, di mana biasanya jauh lebih baik dibanding yang ditawarkan di counter bandara. Hubungi bank bersangkutan sebelum memulai perjalanan untuk informasi biaya penukaran uang.
Botol air
Botol air biasanya selalu bermasalah ketika memasuki bandara. Banyak orang akhirnya meninggalkan botol sekali minum mereka sebelum pemeriksaan.
Agar tak buang-buang uang hanya untuk membeli botol minum lagi, bawa saja botol minum yang bisa digunakan ulang, keluarkan airnya dan isi kembali ketika sudah ada di dalam bandara.
Cinderamata
Sebaiknya pastikan semua anggota keluarga, teman, atau titipan siapa pun sudah Anda beli sebelum menginjakkan kaki di bandara. Seperti yang sudah diketahui, barang-barang suvenir yang dijual di bandara biasanya sudah dinaikkan harganya hingga berkali-kali lipat.
Tapi memang ada beberapa bandara menawarkan barang-barang unik yang hanya dijual di sana. Namun, sebelum membeli, Anda disarankan untuk tetap memeriksa harga barang.
Bantal leher
Hindari membeli bantal leher di bandara. Para pelancong umumnya akan mengutamakan kenyamanan sehingga barang-barang yang menggoda seperti bantal leher dinaikkan harganya berkali-kali lipat. Jadi pastikan semua barang yang mendukung kenyamanan sudah Anda bawa dari rumah.
Makanan
Jika diperhatikan, harga makanan di bandara lebih mahal dibanding harga makanan yang sama di luar bandara. Ada alasannya, karena biaya pengeluaran restoran jauh lebih tinggi di bandara dibanding lokasi lainnya.
Jadi sebaiknya, bawa makanan sendiri dari rumah, atau hindari duduk di dekat restoran, dan lebih baik untuk membeli camilan dengan harga terjangkau.

Berita Populer