5 Trik Mudah Bikin Karage Lezat ala Jepang!

SURABAYAPAGI.com - Penggemar makanan Jepang pasti gak asing dengan menu yang satu ini. Ayam goreng renyah berbalut tepung yang biasa disajikan dengan saus barbeque ala Jepang. Yup, karage memang nagih banget buat lauk nasi atau sekadar camilan.

Karage beku banyak dijual di supermarket dengan potongan yang agak besar. Tapi kamu bisa juga lho membuatnya sendiri di rumah. Ukurannya bisa disesuaikan dengan selera, pastinya lebih murah dan sehat. Cara membuatnya gampang kok, tinggal ikuti saja lima langkah di bawah ini. Simak yuk!

1. Pilih daging ayam bagian paha
**foto**
Karage terbuat dari potongan daging ayam tanpa tulang yang digoreng crispy. Untuk mendapatkan tekstur lembut, pilih daging bagian paha yang sudah dibuang tulangnya. Kamu bisa juga menyertakan bagian kulit agar cita rasa makin gurih.

2. Potong daging kecil-kecil, agar bumbu meresap sempurna
**foto**
Potong-potong daging paha ayam menjadi bagian kecil. Tujuannya agar bumbu lebih meresap dan cepat matang saat digoreng. Tapi kamu boleh juga membuat karage berpotongan besar, sesuaikan saja dengan selera.

3. Rendam dengan bumbu campuran kecap asin
**foto**
Ternyata, yang membuat rasa karage khas Jepang gurih dan enak adalah bumbu rahasia perendamnya. Campurkan kecap asin, parutan jahe, bawang putih cincang, gula, garam, lada, dan sedikit kaldu.

Masukkan potongan daging, lalu diamkan 20-30 menit agar bumbu meresap sempurna ke dalam. Setelah itu, buang cairan bumbu dan sisakan sedikit agar hasilnya nanti lebih gurih.

4. Baluri dengan tepung kentang
**foto**
Selain campuran bumbu rahasia, tepung yang digunakan sebagai baluran juga gak sembarangan lho! Kamu bisa menggunakan tepung terigu, tapi hasilnya kurang renyah. Ganti tepung terigu dengan tepung kentang, atau campur keduanya dengan takaran seimbang.

Kalau di rumah gak ada tepung kentang, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan campuran tepung maizena dan tapioka, dengan perbandingan 2:1. Jadi untuk 8 sendok tepung maizena, tambahkan 4 sendok tapioka. Jumlah takaran bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

5. Goreng sampai terendam seluruhnya
**foto**
Agar karage buatanmu renyah dan garing seperti yang dijual di resto-resto, perhatikan trik menggorengnya. Gunakan teknik deep fry, di mana seluruh gorengan terendam dalam minyak.

Kamu bisa menggunakan wajan biasa dengan banyak minyak, lalu menggoreng karage sedikit demi sedikit. Atau menggoreng dengan panci, agar semua karage terendam dalam minyak. Goreng dari api sedang lalu besarkan perlahan-lahan.

Karage buatanmu bisa disajikan langsung atau sandingkan dengan saus sambal. Wah, cocok buat santapan buka puasa nih!