5 Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnismu

SURABAYAPAGI.com - Di zaman sekarang, berbisnis adalah suatu profesi yang sangat didamba-dambakan oleh anak milenial sekarang. Padahal menjalankan bisnis tidaklah semudah yang dikira, ada begitu banyak orang-orang yang gagal dalam berbisnis dan nyerah.

Maka dari itu, dibutuhkan persiapan, pengetahuan dan kerja keras untuk bisa menjadi sosok pebisnis yang sukses dan handal. Nah, bagi kamu yang kini sedang menjalankan suatu bisnis, atau sedang merencanakan, harus mulai memperhartikan 5 kesalahan ini yang bisa menggagalkan bisnismu.
1. Wawasan mengenai bisnis kurang
Masalah ekonomi suatu hal yang kompleks, begitu pun dengan bisnis. Bagi kamu yang berkuliah jurusan ekonomi, sedikit tidaknya pasti sudah menguasai bidangnya dan siap untuk menjalankan bisnis.
Akan tetapi yang tidak pernah belajar ekonomi, khususnya bisnis, pasti akan kebinggungan akan rumitnya menjalankan bisnis.
Maka dari itu dibutuhkan wawasan yang luas agar kamu tidak lagi kebingunggan dalam menjalankan bisnis. Caranya, salah satunya dengan membaca buku mengenai bisnis.
Dengan banyaknya wawasan yang kamu miliki tentang bisnis, pastinya kamu akan mudah menghadapi masalah-malasah bisnis yang akan menimpa nantinya.
2. Tidak berinovasi
Berinovasi suatu syarat utama supaya bisnis kamu akan berjalan dinamis dan progresif. Ikutilah arus terkini berdasarkan pasar agar bisnismu tidak ketinggalan zaman. Buatlah inovasi terbaru yang belum terpikirkan para kompetitor. Supaya bisnis akan selalu mengalir.
Sebaliknya bisnis yang tidak berinovasi lambat laut akan dianggap usang oleh para pelanggan. Kadang berinovasi, akan tetapi hanya meniru inovasi dari kompetitor, hal itu bisnis yang kamu jalankan akan mati perlahan-lahan karena dianggap membosankan dan begitu-begitu saja.
3. Lebih banyak defisit dibanding surplus
Tanda bisnis yang lancar adalah memiliki keuangan yang sehat. Kalau keuangan bisnismu sering-seringan defisit, itu tandanya ada yang salah dalam biaya produk kamu
Mulailah memutar otak dalam menghindari hal ini, karena semakin lama kamu membiarkan, bisnis kamu akan terus menjadi rugi dan akan mati perlahan-lahan.
4. Memiliki pekerja/karyawan tidak sesuai SOP (Prosedur operasi standar)
Pastinya akan menjengkelkan memiliki pekerja/karyawan yang tidak komprehensif. Yang nantinya akan berpengaruh juga dalam dinamika bisnismu. Mulailah menyeleksi para pekerja/karyawan sesuai SOP yang kamu tentukan atau standar bisnis lainnya.
Supaya bisnis kamu tetap terus berjalan lancar karena memiliki pekerja/karyawan yang komprehensif dan mampu memiliki solusi yang kreatif untuk bisnis yang sedang dijalankan.
5. Promosi yang tidak efektif
Mulai sekarang janganlah melakukan promosi secata sembrono. Karena selain sia-sia, juga tidak efektif. Lebih bijaksana mempromosikan suatu produk berdasarkan terget market yang sudah ditentukan sedari awal.
Misalnya target marketnya para remaja, cukuplah mempromosi produk lewat media sosial. Dan juga harus diperhatikan, anggaran yang akan dikeluarkan untuk promosi sebisanya seminimal mungkin, akan tetapi efektif.