4.774 Guru Sertifikasi Kemenag Lamongan Ikuti Uji Kompetensi Berbasis Andoi

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Sebanyak 4.774 guru sertifikasi Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan melaksanakan program Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah (APKGM) untuk tingkat RA,MI, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah pada Rabu(31/10) dan MTs N Babat Lamongan.

Jumlah guru yang ikut APKGM sejumlah 4.774 peserta terdiri dari guru RA sebanyak,322, Guru MI, 3300, MTs 683 dan MA 469 peserta. "Kegiatan ini digelar untuk mengevaluasi dan mengukur kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik," Ungkap Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lamongan H. Sholeh, MSi.

Dalam sambutanya Sholeh menegaskan melalui program tersebut kelebihan dan kekurangan setiap guru dapat diketahui. Sehingga, berikutnya akan diadakan pelatihan atau diklat untuk guru yang dinilai mempunyai kelemahan di bagian tertentu.

"Dari hasil assessmen ini kelihatan kelemahan setiap guru. Nanti akan diadakan diklat untuk mereka," paparnya.

Terpisah, Abdul Ghofur, Kasi Pendma Kemenag Lamongan mengatakan bahwa APKGM ini merupakan program Kanwil Kemenag Jawa Timur yang harus diikuti oleh semua guru sertifikasi dari tingkat RA, MI, MTs dan MA, dengan menggunakan handphone android.

"APKGM ini sama halnya dengan UKG(Uji Kompentensi Guru) yang diadakan sebelumnya dan ini diikuti oleh semua guru yang sudah sertifikasi, "ujarnya.

Lebih lanjut, ditanya soal guru generasi tua yang masih awam dan belum biasa menggunakan Handphone android? Ghofur mengungkapkan pihaknya jauh-jauh hari telah mengantisipasi hal itu. Salah satunya dengan membentuk tim pengawas yang bertugas membantu guru yang masih awam android. jir