426 Warga Sumbermulyo Jombang Terima Bantuan 10 Kg Beras Premium dari Provi

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Sebanyak 426 warga miskin di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang menerima bantuan beras subsidi dari Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kali ini beras yang dibagian kepada warga miskin berupa 10 Kg beras premium per Kepala Keluarga (KK).

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Unggul Hadikusumo mengatakan, bantuan Gubernur Jawa Timur ini merupakan program percepatan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Jawa Timur.

"Ini merupakan program Gubernur Pakde Karwo yakni Penyaluran beras bersubsidi di seluruh Jawa Timur, salah satunya di Kabupaten Jombang di Desa Sumbermulyo. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi semua dan mendapat ridho Alloh SWT," ujarnya saat memberi sambutan, Kamis (27/9/2018).

Lanjut Unggul, bantuan ini bertujuan sebagai peningkatan ketahanan pangan ditingkat rumah tangga sekaligus sebagai strategi perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan di Jawa Timur.

Selain sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga berupa beras, kategori penerima ini merupakan warga yang memiliki status kesejahteraannya antara 1 s/d 15 % berdasarkan data terpadu program penanganan fakir miskin (PPFM) tahun 2015 dari Badan Pusat Statistik yang kemudian diolah oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Jadi data penerimanya sudah disiapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur," jelas Unggul Hadikusumo.
**foto**
Sementara itu, Kepala Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Fuad mengaku bersyukur atas adanya bantuan beras seberat 10 Kg untuk warga miskin di desanya. Ia berharap bantuan seperti ini dapat berlangsung dan bisa merata bagi warga miskin di Desa Sumbermulyo.

"Kita sangat berterimakasih atas bantuan beras dari Provinsi Jaw Timur. Namun kita juga berharap agar bantuan ini bisa merata, karena disini masih banyak warga miskin yang belum mendapatkan bantuan beras dari Provinsi Jawa Timur karena terkendala masalah data," ucapnya.

Fuad berharap kedepan Provinsi Jawa Timur menggunakan data baru dalam memberikan sejumlah bantuan. Pasalnya, warga miskin di Desa Sumbermulyo saat ini mencapai 1.200 kepala keluarga dari 12.000 penduduk.

Seperti diketahui, untuk periode bulan September 2018 ini penerima beras yang sudah disalurkan sebanyak 336. 717 rumah tangga yang tersebar di 35 kabupaten, 433 kecamatan dan 3.112 desa. Setiap rumah tangga menerima beras bersubsidi seberat 10 Kg beras premium dengan biaya tebus per Kg sebesar Rp 1.600. Can