•   Minggu, 5 April 2020
Kesehatan

4 Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Freezer, Daging Juga

( words)
Daging Beku


SURABAYAPAGI.com - Lemari es menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang wajib dimiliki di rumah. Itu lantaran fungsinya yang sangat penting, yakni untuk mengawetkan makanan. Namun, ternyata menyimpan makanan di lemari es tidak selalu baik. Ya, tak semua makanan harus disimpan di lemari es, khususnya bagian freezer. Itu karena suhu dingin lemar es dapat mengurangi kadar antioksidan dan nutrisi di dalamnya bahan makanan. Selain itu, terlalu lama disimpan di dalam lemari es juga dapat mengubah rasa makanan.
Nah, berikut ini adalah lima makanan yang tidak boleh disimpan di dalam freezer, seperti yang dikutip dari laman Reader’s Digest, Jumat, 19 Oktober 2018.
1. Susu
Susu yang disimpan di dalam freezer dapat terpisah antara cairan dan lemaknya. Meski tetap aman untuk dikonsumsi, namun Anda tidak disarankan untuk menambahkannya ke dalam seral atau kopi.
2. Kentang
Kentang memiliki kandungan air yang tinggi. Jadi, disimpan di dalam freezer dapat membuat tekstur kentang menjadi lembek.
3. Telur dalam cangkang
Menyimpan telur yang masih berada di dalam cangkang ke dalam freezer adalah kesalahan besar. Kandungan air di dalam telur mengembang ketika dibekukan, yang dapat menyebabkan kulitnya retak dan rentan terhadap bakteri. Jika Anda ingin membekukan telur, keluarkan telur dari cangkang, kocok hingga tercampur rata dan simpan dalam wadah kedap udara.
4. Sayuran dan buah
Sayuran atau buah apa pun yang memiliki konsentrasi air yang tinggi, seperti seledri, mentimun, selada hijau dan semangka tidak akan bertahan lama di freezer karena air di dalamnya dengan cepat membentuk kristal es. Hal ini berakibat tekstur sayuran dan buah tadi menjadi lembek dan tidak dapat dimakan.
5. Daging
Menyimpan daging mentah di dalam freezer ternyata punya risikonya sendiri. Itu karena makanan beku yang kemudian dicairkan sebelum dimasak memiliki risiko mengandung bakteri yang lebih banyak, daripada daging yang tidak disimpan di dalam freezer.
Jika ingin menyimpan daging di dalam freezer, ada baiknya masak dahulu daging dengan suhu yang tepat hingga matang. Dengan begitu, seluruh bakteri telah mati karena proses pemasakan tadi.

Berita Populer