4 Kali Gagal Bobol ATM, Aksi ke 5 Ketangkap

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Nov 2020 21:48 WIB

4 Kali Gagal Bobol ATM, Aksi ke 5 Ketangkap

i

Pelaku Sugeng diamankan polisi saat terpergok hendak membobol mesin ATM. SP/Patrick/Polresta Sidoarjo

Nasib Pencuri “Amatiran” di Sidoarjo

 

Baca Juga: DPRD-Polresta Sidoarjo Cari Solusi Atasi Balap Liar

 

SURABAYAPAGI.COM, SidoarjoMungkin begini nasib pencuri “amatir” yang terjadi di Sidoarjo. Berusaha menjadi pencuri “professional”, tetapi masih belum bisa. Justru, kini pencuri itu sudah dibui di Polresta Sidoarjo, setelah berusaha mencuri mesin ATM kali kelima. Nasib.

Satu minimarket yang berada di Kramatjegu, Trosobo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo disatroni kawanan perampok, Kamis (19/11/2020).

Pelaku masuk ke minimarket dengan cara melubangi gerbang rolling door dengan las. Mesin ATM Bank Central Asia (BCA) yang berada di dalam minimarket menjadi sasaran kawanan perampok yang diduga dua orang itu.

Aksi pembobolan itu pertama kali diketahui oleh salah satu pegawai minimarket yang curiga dengan lubang di rolling door. Kemudian pegawai itu memberitahu warga dan melapor ke polisi.

Di dalam minimarket, pelaku sudah merusak mesin ATM dengan cara di las namun belum berhasil mengeluarkan uang di dalam ATM.

Kanit Pidum Satreskrim Polresta Sidoarjo, Ipda Hafid Maulidi mengatakan pelaku berhasil ditangkap setelah dikepung. "Yang ketangkap satu," kata Hafid.

Baca Juga: Komplotan Pencuri Alat Musik di Salah Satu Gereja, Dibekuk Satreskrim Polres Blitar Kota

Pelaku yang ditangkap adalah Sugeng Supriyono (29), warga Kelurahan Sedati Gede, Kecamatan Sedati.

Dari rekaman video yang beredar dan diterima Surabaya Pagi, beberapa polisi bersenjata terlihat mengamankan tersangka Sugeng yang menggunakan kasos hitam serta mengenakan topi hitam.

Tesangka Sugeng mencoba membuka mesin ATM dengan cara menggunakan las. Di sekitar mesin ATM terlihat sebuah tabung gas, tas berwarna merah dan sebuah linggis. Di bagian samping bawah, tersangka berusaha melubangi mesin ATM tersebut dengan cara di las di dua tempat.

Kapolsek Taman Kompol Heri Susetyo megatakan kejadian percobaan pembobolan ATM tersebut terjadi sekitar pukul 02.30 dini hari. “Begitu mendapat laporan, Unit Reskrim kami langsung menuju lokasi. Nah saat kami datang, tersangka ternyata masih di dalam minimarket dan berusaha  kabur lewat plafon namun gagal,” terang Heri.

Baca Juga: Perusahaan Ekspedisi Minta Polresta Sidoarjo Tangkap Sopir yang Bawa Kabur 40 Ton Pipa Baja

Heri menerangkan, tersangka Sugeng tidak berasksi sendiri namun bersama seorang rekannya yang bernama Faisol Pramudia, namun ia berhasil kabur.

Dari pengakuan pelaku kepada polisi, aksi pembobolan ATM telah dilakukan sebanyak 5 kali di sejumlah tempat berbeda, namun usahanya belum pernah berhasil.

“Saat diperiksa, tersangka Sugeng mengaku juga telah mencoba membobol empat ATM diantaranya ATM Bank Mandiri di Gresik, ATM BNI di Mojokerto, ATM BNI di Wonoayu Sidoarjo dan ATM Bank Jatim di Seruni, Gedangan,”ujarnya.

"Meski salah satunya pelaku melarikan diri, kami sudah mengantongi indentitasnya. Untuk pelaku akan dijerat Pasal 363 ayat (1) ke 4e KUHP jo pasal 53, dan 55 KUHP. Dengan ancaman lima tahun penjara," tandas Hery. pat/cr4/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU