•   Senin, 9 Desember 2019
Agrobisnis

366 Warga Temayang Terima Kompensasi Tanam Tumbuh

( words)
Pemberian kompensasi tanam tumbuh survei seismik 3D kepada warga desa Temayang, Kecamatan Kerek, Tuban.


SURABAYAPAGI.COM, Tuban -Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) kembali memberikan kompensasi kegiatan survei seismik 3D di Balaidesa Temayang, Kecamatan Kerek, Tuban. Rabu, (23/10).

Dalam kesempatan itu, sebanyak 366 warga pemilik lahan menerima kompensasi tanam tumbuh (lahan dan tanaman) yang diberikan langsung oleh PHE TEJ selaku pelaksana kegiatan survei seismik 3D .

Humas PHE TEJ, M. Ulin Najah mengatakan jika kebanyakan warga yang menerima kompensasi tersebut adalah warga desa setempat, sedangkan sebagian kecil lainya, merupakan warga luar desa tetapi memiliki lahan di desa Temayang.

"Rata- rata yang hadir merupakan warga desa Temayang, sebagian kecilnya lagi merupakan warga luar desa yang punya tanah disini" jelasnya.

Ulin juga menerangkan, jika pelaksanaan pemberian kompensasi kali ini hanya kompensasi tanam tumbuh, sedangkan untuk ganti rugi bangunan akan dilaksanakan setelahnya.

"Ini untuk tanam tumbuh, yang ganti rugi bangunan setelah ini baru dilaksanakan"

Sesuai prosedur, pemberian kompensasi maupun ganti rugi, dapat dilaksanakan oleh PHE TEJ setelah rampungnya pelaksanaan tahapan survei seismik 3D.

Sebelum desa Temayang, sudah ada tiga desa yang lebih dulu dilaksanakan kompensasi tanam tumbuh yakni desa Pakel, Talun dan desa Sumurgung.

Dari banyaknya warga penerima kompensasi, salah satunya adalah Karsidi, kakek berusia 70 tahun tersebut, menerima kompensasi atas adanya aktivitas survei seismik 3D yang dilaksanakan di lahan (tegal) miliknya.

Tegal seluas satu hektar miliknya yang belum ditanami tersebut mendapat kompensasi sebesar kurang lebih dua ratus ribu rupiah.

"Saya dapat kompensasi hampir dua ratus ribu dari seismik" ungkapnya.

Berita Populer