35 Orang Tewas saat Koalisi Saudi Serang Pemberontak Yaman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 22 Jan 2020 13:45 WIB

35 Orang Tewas saat Koalisi Saudi Serang Pemberontak Yaman

SURABAYAPAGI.COM, - Distrik Nehm, Ibu Kota Sanaa, Yaman, yang dikuasai oleh pemberontak Houthi dibombardir pasukan Koalisi Arab Saudi pada Selasa (21/01) kemarin. Serangan itu disebut sebagai balasan atas gempuran pemberontak terhadap markas pasukan Yaman di Provinsi Marib pada akhir pekan lalu.

Serangan udara dan meriam dari kedua belah itu dilaporkan menewaskan 35 orang. Rabu (22/1), militer Yaman dan pemberontak Houthi saling balas serangan dengan roket dan artileri. Akibat baku tembak itu, sejumlah warga setempat mengungsi.


Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman, Abdu Abdullah Magli, mengklaim mereka sedikit demi sedikit berhasil merebut wilayah yang tadinya dikuasai pemberontak.

Jet tempur koalisi juga membombardir markas pemberontak di Provinsi Marib. Akibatnya sejumlah milisi tewas dan 25 orang lainnya berhasil ditangkap pasukan Yaman. Magli menyatakan serangan itu adalah balasan atas aksi pemberontak yang menyerang markas pasukan Yaman di wilayah itu. Korban tewas akibat serangan tersebut saat ini mencapai 116 orang, dan 68 serdadu luka-luka.

Iran dilaporkan mendukung kelompok pemberontak Houthi. Sedangkan Presiden Yaman, Abdu Rabu Mansur Hadi, lari ke Arab Saudi untuk meminta perlindungan.

Perang saudara di Yaman sudah memanas sejak beberapa tahun belakangan. Saudi mulai ikut campur sejak 2015, ketika Hadi terpaksa kabur setelah Houthi menduduki Istana Kepresidenan di Sanaa.
Konflik ini pun disebut-sebut sebagai perang pion antara Saudi dan Iran di Timur Tengah karena sejumlah pihak menuding Teheran menyokong pergerakan Houthi.

Di sisi lain, perang itu membuat puluhan ribu rakyat Yaman meninggal akibat perang, kelaparan dan terjangkit wabah kolera sampai hari ini. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan menganggap konflik yang telah berjalan selama empat tahun ini sebagai krisis kemanusiaan terburuk sepanjang sejarah.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU