•   Senin, 9 Desember 2019
Perbankan

2020, Pernak Pernik Tubuh Bisa Jadi alat Bayar

( words)
Suasana salah satu gerai Timex. SP/stre


SURABAYAPAGI.COM,Singapura – Mastercard siap sulap aksesoris seperti perhiasan, jam konvensional, hingga kacamata menjadi alat pembayaran digital.

Hal ini tersebut digadang-gadang akan menjadi alat bayar yang digandrungi banyak orang penggguna aksesoris. Pasalnya, dengan aksesoris yang ia gunakan, pengguna tidak perlu repot-repot membawa dompet tebal atau bahkan kartu-kartu ATM.

Untuk bisa mewujudkan inovasi baru ini Mastercard menjalin kerja sama dengan Tappy Technology, perusahaan penyedia layanan token asal China.

Aksesoris itu nantinya akan tertanam cip near field communication (NFC) yang diproduksi Tappy dapat disambungkan dengan kartu debit atau kredit Mastercard dalam platform Mastercard Digital Enablement Service (MDES) melalui aplikasi Tapy.

Jika telah terhubung, pengguna bisa menggunakan aksesoris tersebut sebagai alat pembayaran nirkontak di merchant yang mendukung pembayaran nirkontak Mastercard yaitu PayPass.

Ben Gilbey, Senior Vice President, Digital Payments and Labs Asia Pacific Mastercard dalam konferensi pers di sela gelaran Singapore Fintech Festival and Singapore Week Innovation and Technology (SFF x SWITCH) 2019, Senin (11/11) menjelaskan kerjasama dengan Tappy merupakan upaya mendorong pembayaran digital makin mudah.

"Produk ini punya fitur keamanan yang serupa dengan alat pembayaran menggunakan kartu. Jika terjadi kehilangan, atau pencurian pengguna bisa langsung melapor ke bank penerbit untuk melakukan pemblokiran," katanya.

CEO Tappy Wayne Leung menambahkan kolaborasi ini juga punya keunggulan dibandingkan alat pembayaran nirkontak seperti jam pintar.

"Kami juga telah menguji cip yang kami tanamkan memiliki kemampuan tahan air dengan baik," kata Wayne dalam kesempatan serupa.

Tappy sendiri merupakan pemegang paten terhadap cip pembayaran digital yang bisa dipasangkan ke sejumlah aksesoris.

Wayne juga menambahkan, secara komersial pihaknya bakal mulai memasarkan produk ini pada pertengahan 2020 mendatang. Untuk awalan, Tappy telah menggandeng pabrikan jam asal Amerika Timex Group. Sejumlah jam analog Timex kelak bakal dijual dengan cip Tappy yang sudah tertanam di dalamnya.

"Pembeli kemudian bisa mengunduh aplikasi Timex Pay App, dan bisa langsung scan kartu Mastercard, sama seperti yang perlu dilakukan dengan Apple Pay dan Google Pay," sambungnya.

Berita Populer