•   Sabtu, 4 April 2020
Surabaya

2018, Pakde Dorong Pertumbuhan Industri

( words)
Pakde Karwo (berbatik coklat, di podium) ketika memimpin apel pagi di Kantor Gubernur Jatim, Selasa (2/1). (Foto:Humas Pemprov)


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dalam rangka membuka tahun 2018, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyukseskan program-program Pemprov. Pria yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut mengungkapkan ajakan itu saat memimpin apel pagi perdana, Selasa(2/1) di Kantor Gubernur Jatim.
Pada kesempatan tersebut, menurut Pakde Karwo, sudah ada langkah-langkah strategis yang akan ditempuh kedepannya. Beberapa diantaranya adalah pembangunan bidang infrastruktur, pertanian, peningkatan SDM, penanggulangan kemiskinan, dan efisiensi pembiayaan.
Pakde Karwo menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur selalu di atas rata-rata nasional. "Seperti pada triwulan ke 3 tahun 2017, ekonomi Jawa Timur tumbuh sebesar 5,21 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional dengan gini ratio 0,39 persen atau 5,01 persen pertumbuhannya," jelasnya.
Hal tersebut berarti, kesenjangan Jawa Timur dalam kondisi yang baik," imbuh Pakde Karwo
Namun, Pakde Karwo juga memandang bahwa masih ada beberapa permasalahan di Jawa Timur. Salah satunya yakni pertumbuhan industri yang masih di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi.
"Karena kondisi yang bagus adalah pertumbuhan industri di atas pertumbuhan ekonomi. Meski begitu, pertumbuhan industri di Jatim termasuk yang baik, di atas pertumbuhan industri nasional yang mencapai 4,15 persen," ungkap Pakde Karwo.
Kondisi demikian menjadikan Pakde Karwo meminta agar pada tahun 2018 peningkatan pertumbuhan industri lebih pada pemberian nilai tambah di bahan baku. Hal tersebut salah satunya dapat diwujudkan dengan peningkatan produksi barang jadi
"Contohnya, petani harus bisa mengolah padi menjadi beras, tidak menjual gabah kering giling," pungkas Pakde Karwo. ifw

Berita Populer