•   Minggu, 21 Juli 2019
JawaTimur

Puluhan Warga Kediri Terima BSPS

( words)
Puluhan warga Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri saat mengikuti sosialisasi program BSPS


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Sebanyak 46 warga di Desa Tales Kabupaten Kediri menjadi calon penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) DAK Tahun Anggaran 2019. Selama dua hari mereka mengikuti sosialisasi program pemerintah tersebut di balai desa setempat.
Hadir pada acara kali ini, Kepala Desa Tales, perwakilan kecamatan, Inspektorat, Muspika Ngadiluwih, serta dinas terkait lainnya.
Kepala Dinas Perkim Edi Yuwono melalui Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Herianto menjelaskan, secara teknis pada sosialisasi ini. Dirinya menjelaskan program BSPS memiliki kreteria yakni peningkatan kualitas (PK) dan pembangunan baru (PB). Untuk tahun ini hanya ada peningkatan kualitas (PK) rumah tidak layak huni dengan kondisi rusak berat.
Untuk RTLH rusak berat diserahkan kepada 37 orang dengan alokasi dana sebesar Rp. 17.500.000/orang, dengan rincian 15 juta untuk meterial dan 2,5 juta untuk ongkos pembangunan. Sedangkan 9 orang rinciannya adalah 6 bangunan baru, 2 rusak berat dan 1 rusak ringan, dari dana silpa tahun lalu yang belum terserap. Adapun alokasi dana bangunan baru sebesar Rp. 35 juta, yang 5 juta untuk ongkos pembangunan, kemudian 17.5 juta untuk rusak berat, dan 7.5 juta untuk rusak ringan.
BSPS sendiri adalah program pemerintah pusat dalam rangka mengurangi rumah yang tidak layak huni meliputi beberapa aspek mulai dari struktur/kerangka rumah, aspek keselamatan dan kesehatan penghuni yaitu cukup cahaya, sirkulasi udara baik, harus ada MCK (Mandi, Cuci, Kakus), dan aspek kecukupan ruang.
Rumah yang layak huni harus memenuhi aspek-aspek tersebut agar bisa nyaman dan aman bagi penghuninya. Semoga program BSPS ini dapat berjalan dengan lancar dan jumlah RTLH di Kabupaten Kediri berkurang.
Kepala Desa Tales Slamet mengatakan bantuan ini merupakan rejeki dari Allah SWT bagi warga Desa Tales.
“Saya mohon dengan adanya bantuan ini, warga calon penerima harus mentaati peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Jika para calon penerima masih bingung dengan tata cara bantuan ini silahkan bertanya pada dinas terkait agar lancar pelaksanaan penyaluran Program BSPS tersebut,” katanya. Adv/kominfo

Berita Populer