•   Selasa, 12 November 2019
Fashion

Sambut Hari Kartini dengan Membuat Shibori

( words)
Para Peserta Sedang Membuat Kain Shibori di Grand City Mall Surabaya. Foto: SP/Iker


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Shibori teknik pewarnaan kain dari Jepang kini semakin banyak peminatnya, hasil motif yang unik serta pembuatannya yang menyenangkan membuat Shibori semakin diminati. Dalam memperingati Hari Kartini , Grand City Mall Surabaya mengadakan pelatihan membuat kain Shibori.

Diikuti sebanyak 50 peserta, para peserta diajarkan bagaimana teknik membuat motif menggunakan teknik Shibori. Shibori sendiri mempunyai berbagai macam teknik lipatan, seperti segi empat, jajar genjang, segi tiga sama kaki, sego tiga sama sisi ataupun yang digulung.

Menurut Katarina Budiarto selaku pemberi materi mengungkapkan, "Dalam proses pembuatan menggunakan teknik Shibori ini harus dilakukan dengan rapi. Kain yang sudah dipotong dilipat sesuai dengan selera kemudian diikat menggunakan karet lalu masuk dalam proses pewarnaan," Tuturnya.

Proses pembuatannya cukup sederhana namun dibutuhkan kerapihan dan perlu berhati-hati. Kain yang sudah dipersiapkan dipotong sesuai dengan kebutuhan, kemudian dilipat dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan keinginan. Setelah dilipat dan dibentuk kain tersebut di ikat menggunakan karet, fungsi dari karet ini agar lipatan tidak lepas sewaktu proses pewarnaan.

Setelah dilipat dan diikat menggunakan karet proses selanjutnya yaitu pewarnaan. Disini menggunakan pewarna Remasol dan Napthon yang umumnya digunakan untuk mewarnai kain batik.

Setelah dicelupkan kedalam pewarna, ikatan-ikaran karet pada kain tersebut siap di ambil dan proses selanjutnya ialah pengeringan. Umumnya kain yang sudah diwarna dijemur di bawa terik matahari selama 24 jam paling lama.

"Kesulitan dalam membuat Shibori sendiri karena motif yang didapat susah sekali untuk mendapatkan motif yang sama. Jadi diperlukan ketelitian dan kerapihan, namun motif yang tidak sama tersebut bisa menjadi nilai lebih bagi Shibori," Imbuh Katarina.

Batas maksimal panjang kain sendiri umumnya hingga 3 meter, karen semakin panjang kain akan membutuhkan nilai yang ekstra untuk melipatnya. Saat ini kain Shibori sendiri dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti baju, taplak meja, sapu tangan dan lain sebagainya karena keunikan motifnya. Iker

Berita Populer