Bupati Lamongan H Fadeli bersama istri saat menyalurkan hal suaranya di TPS 01 Kelurahan Tlogoanyar Lamongan. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS), tempat bupati dan wakil bupati Lamongan melakukan pencoblosan bersama keluarganya.

Di TPS 01 Kelurahan Tlogoanyar Kecamatan Lamongan itu, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan 134 suara, sedangkan pasangan 02, Prabowo-Sandi mendapatkan 84 suara.

Sementara yang warga yang datang mencoblos seperti disampaikan oleh Harianto ketua KPPS 01 Kelurahan Tlogoanyar Lamongan, 226 pemilih dari 257 pemilih yang terdaftar di DPT. "Jumlah pemilih sesuai DPT di TPS 01 ini ada sebanyak 257 pemilih dan yang hadir ada sebanyak 226 pemilih," terangnya.

Dari jumlah pemilih yang hadir dengan perolehan suara kata Harianto, ada selisih dua suara. Dan dua suara oleh pemilih keliru memasukan ke kotak suara. "Kemungkinan ada yang salah ketika memasukkan ke kotak suara, surat suara Pilpres tapi dimasukkan ke kotak suara yang untuk pemilihan legislatif, sehingga selisih dua suara," katanya.

Saat ini, proses penghitungan suara untuk pemilihan presiden di TPS ini sudah selesai, dan dilanjutkan dengan proses penghitungan surat suara untuk pemilihan legislatif dan DPD.

Perolehan suara untuk pasangan nomor urut 01 juga dibeberapa TPS di sekitar Kantor Pemkab Lamongan masih unggul. Di TPS 01 Kelurahan Temenggungan Lamongan baratnya kantor Pemda, misalnya pasangan Nomor urut 01 memperoleh 133 suara, 02 mendapatkan 75 suara dengan suara tidak sah 3 suara, dengan jumlah DPT 264 Pemilih, dan yang hadir 211pemilih.

Sedangkan TPS 09 Kel Sukorejo Lamongan, yang berada di baratnya rumah Dinas Wakil Bupati Lamongan, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin juga unggul dengan mendapatkan 99,
Prabowo-Sandi 65 suara. Di TPS ini jumlah DPT 195 pemilih, dan pemilih yang hadir 170 pemilih, dan suara tidak sah 25 suara.

Sebelumnya, Bupati Lamongan, Fadeli dan wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati menggunakan haknya dalam Pemilu 2019 di TPS yang sama, yaitu TPS 01 Kelurahan Tlogoanyar, Kecamatan Lamongan.
Usai melakukan pencoblosan, Fadeli bersama jajarannya dijadwalkan melakukan sidak di sejumlah TPS menggunakan motor. Mulai dari TPS 9 di Kelurahan Sidokumpul, TPS 7 Deket Wetan, dan TPS 3 Desa Nginjen di Kecamatan Deket.

Kemudian di Kecamatan Glagah meninjau di TPS 1 Desa Began seta TPS 1 dan 2 Desa Sudangan serta. Juga di TPS 1 Desa Priyoso dan TPS 2 Desa Windu Kecamatan Karangbinangun.

"Saya melihatnya masyarakat cukup antusias, banyak yang hadir mudah-mudahan di Lamongan yang nyoblos bisa capai 80 persen," kata Fadeli, di sela-sela sidak di TPS 07 Desa Deket Wetan, Kecamatan Deket, Lamongan, Rabu (17/4/2019).jir